fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK), Senin 23 Agustus 2021

Pembacaan Alkitab : Ulangan 31 : 1 – 6

Jangan Takut! Tuhan Selalu Menyertai Engkau

Nyanyian GPM No. 274 berjudul: “Berjalan Bersama Yesus” adalah nyanyian yang mengisahkan tentang penyertaan Tuhan Yesus bagi kehidupan orang-orang percaya. Siang atau malam, di tengah badai bahkan Iblis menghalang, kita tidak akan menjadi lemah ketika  “Berjalan bersama Yesus”. (Sebelum Renungan disampaikan, lagu ini dapat dinyanyikan bersama)

Perjalanan bangsa Israel menuju negeri yang dijanjikan Tuhan dipimpin oleh Yosua, sebab Musa telah mencapai usia 120 tahun dan mengaku di hadapan Tuhan, bahwa ia tidak kuat lagi untuk menuntun mereka memasuki tanah yang telah Tuhan janjikan. Ia menguatkan Yosua agar mampu memimpin bangsa Israel, juga mengingatkannya  bahwa Tuhan akan berjalan di depan untuk menuntun mereka. “Tuhan akan Menyertai engkau, IA tidak akan meninggalkan engkau, Karena itu Janganlah Takut dan Janganlah patah hati”. Kalimat ini dikatakan Musa kepada Yosua agar ia teguh dan kuat melakukan tugasnya.

Gambar atau lukisan wajah Yesus, ornamen-ornamen Kristiani seperti Salib dan gantungan pintu yang memuat Firman Tuhan serta kalimat motivasi, mungkin saja dapat ditemui dalam kediaman atau rumah kekuarga-keluarga Kristen. Benda-benda mati itu sesungguhnya secara teologis mengekspresikan keyakinan setiap keluarga bahwa Allah di dalam Yesus Kristus akan selalu menjaga kehidupan mereka.

Apapun masalah kita, entah antar suami-istri atau orang tua-anak, saudara bersaudara bahkan hidup dengan sesama dapat terselesaikan jika kita selalu berjalan bersama Tuhan. Jangan pernah takut! apapun tantangan hidup di  depan, tetap teguhkan iman dan kuatkan hati, maka jaminan keselamatan  sukacita akan kita peroleh di dalam Tuhan.

DOA : Tuhan, teguhkan hati kami untuk selalu bersandar pada-Mu. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *