SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Minggu, 12 September 2021

Pembacaan alkitab : Yehezkiel 3 : 16 – 21

JADILAH PENJAGA BAGI SESAMAMU

Kita baru merayakan Ulang Tahun GPM yang ke 86 tahun. Jika diibaratkan dengan manusia maka GPM sudah menjadi lansia yang sarat pengalaman karena telah banyak makan asam garam dan pasti akan sangat bijaksana dalam bertutur maupun bertindak. Dirgahayu GPM, semoga para pelayan dan wargamu, akan menjadi orang-orang yang bijak dalam bertutur maupun bertindak.

Hari ini kita belajar dari Nabi Yehezkiel yang diberi tugas oleh Tuhan, sebagai penjaga Israel. Tugas ini berisiko tinggi karena Yehezkiel harus menyampaikan peringatan kepada bangsa pilihan Tuhan itu. Jika peringatan itu tidak disampaikan, maka Tuhan akan menuntut pertanggungjawaban darinya dan bisa jadi nyawa Yehezkiel sendiri menjadi taruhannya. Memang berat tugas ini, tetapi itu adalah tugas yang harus diembaninya sebagai seorang suruhan Tuhan.

Saudaraku, setiap kita adalah juga ‘penjaga’ bagi sesama kita.  Artinya kita memiliki tanggung jawab memberitakan Firman dan kehendak Tuhan bagi orang-orang di sekitar kita.  Kita tidak boleh tinggal diam dan bersikap masa bodoh saat melihat orang-orang di sekitar kita dengan sengaja ataupun tanpa sengaja melakukan dosa.  Kita harus berani menegur mereka jika hidup mereka bertentangan dengan firman Tuhan.  Sebab sama seperti Yehezkiel, kita juga akan dimintai pertanggungjawaban dari Tuhan.

Jika Yehezkiel terpanggil untuk menjadi Penjaga Israel maka kita terpanggil untuk menjadi Penjaga bagi sesama kita. Melakukan tugas ini memang berisiko, karena ada yang bisa menerima peringatan kita dan mau berubah, tetapi ada juga yang tidak bisa menerima dan malah berperkara dengan kita. Tetaplah lakukan tugas kita, karena Tuhan akan tetap menyertai kita.

DOA : Tuhan, lengkapi kami dengan keberanian, hikmat dan semua yang kami perlu untuk menjadi penjaga bagi sesama kami. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *