SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK), Rabu 22 September 2021

Jadilah Gembala Yang Memperlabakan Karunia Tuhan

Pembacaan Alkitab : Roma 12 : 6 – 8     

Masing-masing orang, sejak lahir, memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Hal ini berarti tidak ada manusia yang sempurna sebab manusia yang satu selalu membutuhkan manusia yang lainnya. Ada orang yang memiliki kemampuan berbicara namun tidak memiliki kemampuan menulis, dan sebaliknya. Ada yang memiliki kemampuan menghafal tapi kurang mampu dalam menganalisa sesuatu, dan sebaliknya.

Rasul Paulus juga telah menegaskan hal tersebut diatas. Dengan menggunakan istilah yang lain, Rasul Paulus mengatakan bahwa Tuhan telah mengaruniakan karunia yang berbeda-beda kepada umatNya. Ada yang diberikan karunia untuk bernubuat, ada yang dikaruniakan karunia melayani, ada pula yang diberi karunia untuk mengajar, serta ada yang dikaruniakan karunia untuk menasehati.

Masing-masing orang dengan karunianya tersendiri. Tuhan tidak memberikan kepada satu orang sekaligus semua karunia. Ada pun maksud Tuhan untuk memberikan karunia yang berbeda-beda kepada masing-masing orang yaitu agar antara satu dengan yang lainnya merasa saling membutuhkan dalam membangun kehidupan bersama.

Selain itu, tidak ada yang merasa lebih hebat antara satu dengan lainnya. Yang terpenting di sini adalah masing-masing orang dapat memperlabakan karunia-karunia itu. Karena itu marilah kita menggunakan semua karunia yang telah dianugerahkan Tuhan  dengan sebaik-baiknya, agar melalui semuanya itu nama Tuhan tetap dipermuliakan dan kita pun menjadi berkat bagi banyak orang.

Doa :  Ya Tuhan, tolonglah kami untuk dapat menjadi gembala yang dapat memperlabakan karunia Tuhan… Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *