fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Minggu, 12 Juni 2022

Mazmur 104 : 1 -18

Tuhan Mengatur dan Memelihara Ciptaan-Nya

Pola hujan yang khusus karena dipengaruhi angin laut China Selatan telah menyebabkan curah hujan intens pada Bulan Juni, Juli dan Agustus untuk wilayah Ambon dan sebagian pulau-pulau di Maluku serta Papua, demikian berita kompas.com. Kondisi ini tentunya menuntut kewaspadaan warga terhadap bencana banjir dan tanah longsor yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Namun apakah hal ini berarti bahwa kita tetap hidup dalam kekuatiran?

Nas bacaan hari ini mengajak kita untuk bersyukur dan memuji-muji Tuhan Allah sebab Ia adalah Allah yang Mahakuasa, Pencipta langit dan bumi. Dalam kemahakuasaan-Nya menciptakan bumi ini, Ia telah mengatur semua ciptaan pada batasannya supaya tetap terjadi keteraturan dan keharmonisan. Allah bahkan kemudian memelihara seluruh ciptaan-Nya yang telah ada itu dengan tanganNya supaya tidak rusak dan punah. Ia tidak hanya mencintai alam kepunyaan-Nya, namun Ia juga memahami hak-hak yang ada pada diri alam dan harus dihargai juga olehNya, sekalipun Ia adalah Pencipta.

Karaktereristik relasi yang luar biasa ini tentunya menjadi teladan kepada kita sebagai mandatarisNya untuk senantiasa menghadirkan wajah Allah dengan bertanggung jawab menjaga dan merawat alam ini. Ketika setiap musim berganti dan di saat yang sama berkat-berkat dari alam pun berganti untuk dapat kita dinikmati, maka haruslah selalu kita ingat untuk mengucap syukur kepada Allah yang Mahakuasa sambil menahan diri untuk tidak membuang sampah tidak pada tempatnya dan tidak pada waktu yang telah ditentukan oleh petugas kebersihan.

Bersihkanlah selokan-selokan di sekitar rumah atau juga buatlah parit pembuangan air limbah secara benar supaya tidak merugikan orang lain dan merusak alam ini. Paling tidak lakukanlah hal-hal sederhana dan dianggap kecil, namun memberi kehidupan yang awet dan bertahan lama bagi alam ini sebagai bentuk proklamasi iman kita kepada Tuhan.

Doa: Ya Tuhan, bijaksanakanlah kami untuk memelihara alam ciptaan-mu. Amin.

Sumber Foto : www.google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *