fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK), Sabtu 05 Juni 2021

BERTOBATLAH DAN BALIK PADA ALLAH
Bacaan : 1 Raja-Raja 21 : 1-29

Seringkali orang tidak merasa puas dengan apa yang telah di miliki, dan cenderung ingin mendapatkan sebanyak – banyaknya. Untuk mendapatkan semua keinginannya, dia pun rela mengorbankan orang lain. Sifat seperti ini terlihat dalam kehidupan raja Ahab dan isterinya Izebel. Sebagai seorang raja, Ahab sudah memiliki banyak kekayaan, tinggal di istana, dilayani oleh para pelayan dan semua keinginannya pasti terpenuhi.

Namun demikian Ahab masih menginginkan sebidang tanah di samping istananya, yaitu kebun anggur milik Nabot orang Yizreel. Kebun anggur ini adalah satu – satunya milik Nabot, warisan nenek moyangnya. Walaupun sudah dipertahankan oleh Nabot, namun Izebel isteri Ahab menggunakan cara yang licik untuk membunuh Nabot dan mengambil kebun anggurnya dengan paksa. Perbuatan Ahab dan Izebel sangat bertentangan dengan kehendak Tuhan, mereka merampas milik orang kecil dan tak berdaya, padahal sebagai seorang pemimpin, tanggungjawab mereka adalah melindungi orang – orang seperti Nabot.

Hal ini tidak dibiarkan oleh Tuhan, dan Tuhan Allah mengutus Nabi Elia untuk menegur Ahab dan Izebel. Teguran Elia mengantarkan Ahab untuk menyadari kesalahannya, dikatakan bahwa Ahab menyadari kesalahannya, ia mengoyakkan pakaiannya, memakai kain kabung, berpuasa dan merendahkan dirinya di hadapan Tuhan. Melihat sikap Ahab, Tuhan Allah mengampuni dia dan menyelamatkan hidupnya.

Pengampunan Allah selalu diberikan kepada setiap orang yang mau bertobat dan berbalik kepada Allah, merendahkan diri dan menyesali semua kesalahannya.  Jika saat ini saudara terantuk dan jatuh dalam perbuatan salah, tidak ada kata terlambat: “bertobatlah dan balik pada Allah”, Dia pasti mengampunimu.

Tuhan, ampunilah segala salah dan dosa kami, dan tuntunlah kami ke jalan yang benar, Amin.

Doa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *