fbpx

Santapan Harian Keluarga (SHK), Selasa, 17 Agustus 2021

Rencana Allah Mendatangkan Kesejahteraan dan Keamanan
Pembacaan Alkitab – 2 Raja-Raja 11 : 1 – 20

Perencanaan adalah realitas yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan dilakukan dengan maksud memperoleh kebaikan.  Ideal atau esensi perencanaan dimaksud dapatlah menjadi sirna bila nurani dibutakan oleh kejahatan dan kepentingan diri semata. Nurani yang jahat menyebabkan perencanaan dan tindakan yang membinasakan sesama.

Kisah hari ini mengisahkan pesan iman bahwa Tuhan tidak pernah menghendaki perencanaan dan tindakan yang tidak terpuji karena itu pasti bertindak menyatakan kehendak-Nya. Atalya sangat berambisi mengambil alih tahta kerajaan, sehingga merancangkan yang jahat di mata Tuhan dan akhirnya ia pun mati dibunuh. Membunuh orang lain dipahami sebagai tindakan yang benar untuk memperoleh tujuan memuaskan kepentingan disi sendiri. Kehendak Tuhan ditegakkan, Ia memakai Yoseba dan imam Yoyada sebagai alat penyelamatan, sehingga Yoas diangkat menjadi raja.

Kisah pembunuhan terjadi pula dalam kehidupan dewasa ini baik dalam bentuk fisik maupun psikis. Kita juga belajar bahwa mementingkan kepentingan diri sendiri selalu merusak kebersamaan yang rukun. Tanggung jawab untuk saling mengasihi,  melindungi, memberikan rasa nyaman dan aman serta kesejahteraan antara satu dengan yang lainnya harus diwujudkan dalam keluarga.

Momentum peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-76 ini hendaknya dimaknai sebagai kesempatan untuk  tidak semena-mena terhadap orang lain. Hiduplah dengan cinta kasih dan harmoni dengan semua orang, lakukanlah yang benar dan bersyukurlah senantiasa.

Ya Tuhan, ajari kami agar tidak memutlakkan kepentingan diri dan  mengorbankan orang lain. Amin.

DOA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *