fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK), Rabu 25 Agustus 2021

Pembacaan Alkitab : Lukas 17 : 1 – 6

Pengampunan Karena Iman

Kalo ale pung iman basar sama deng biji sesawi saja, maka ale bisa parenta pohon par pindah dari akang pung tampaā€¯, ungkapan ini biasanya kita dengar sebagai penguatan atau solusi ketika  diperhadapkan dengan kesulitan atau masalah.

Bacaan hari ini, memperlihatkan bahwa ungkapan di atas memang keluar dari mulut Tuhan Yesus yang menjawab pertanyaan para rasul (ay.5-6). Pernyataan Yesus menjawab kegelisahan para rasul tentang nasihat untuk saling mengampuni. Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial membuat seseorang membutuhkan orang lain untuk berelasi. Relasi di antara nanusia memungkinkan terjadinya banyak hal, baik menyenangkan maupun menyakitkan.

Ketersinggungan dan kesalahpahaman yang terjadi dalam hubungan antar dua orang atau lebih, kemungkinan akan sulit diselesaikan, apalagi jika masing-masing mempertahankan pendapat dan egonya. Oleh karena itu, para rasul diingatkan Tuhan  Yesus untuk menegur siapa pun yang berbuat dosa dan mengajarkan mereka untuk hidup saling mengampuni.

Perbedaan pendapat sering terjadi dalam keluarga dan dapat dianggap sebagai suatu kewajaran. Karena perbedaan adalah cara untuk saling mengingatkan bahwa setiap kita tidak ada yang sempurna. Oleh karenanya, jika suami atau istri bahkan anak-anak saling menemukan kesalahan, maka tegorlah dengan kasih dan tuntunlah ke jalan yang benar.

Hindari kata-kata yang menjatuhkan ketika menyampaikan teguran, jangan menghakimi dan berlaku kasar dalam memberikan nasihat karena semua itu hanya akan berdampak buruk bagi relasi keluarga kita. Percayakan seluruh kehidupan kepada Tuhan, maka hidup saling mengasihi akan terwujud dalam keluarga kita. Ingat, tantangan terbesar dalam hidup Kristiani adalah menaklukan ego diri. Taklukkanlah dengan iman dalam Tuhan Yesus Kristus.

Doa:   Ajarkan kami untuk hidup saling mengasihi dan mengampuni, Ya Tuhan. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *