Santapan Harian Keluarga (SHK) Minggu, 10 Oktober 2021

Pembacaan Alkitab: Roma 1 : 16 – 17

Injil Itu Kekuatan Allah

Hal penting dan tidak boleh dilupakan oleh setiap orang yang percaya kepada Yesus adalah bahwa injil itu kekuatan Allah. Injil adalah kekuatan Allah yang  menyelamatkan semua orang yang percaya kepada-Nya. 

Injil, kekuatan yang memberikan  keselamatan  kepada manusia dan dunia. Iman dan kasih karunia Allah yang menyelamatkan, menerangi pikiran dengan kebenaran dan menuntun pada keselamatan itu. Injil adalah kekuatan yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani (ayat 16). Ini adalah tema yang sangat penting dalam semua surat Paulus, terutama surat Roma.

Gagasan menyelamatkan menunjuk pada karya Allah yang membebaskan manusia dari dosa dan kuasa-kuasa jahat. Keselamatan dialami oleh mereka yang percaya kepada Yesus sebagai Anak Allah dan Juruselamat dunia.

Yesus adalah Anak Allah yang telah datang ke dunia untuk menjadi tebusan bagi mereka yang percaya. Pengurbanan Yesus adalah kasih karunia yang dialamatkan kepada seluruh dunia tanpa terkecuali. Maksudnya adalah bahwa keselamatan di dalam Yesus dapat dialami oleh semua manusia yang percaya dan bukan karena jasa.

Manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri, kecuali oleh kasih karunia Allah. Inilah berita yang menguatkan harapan dan keyakinan bahwa Allah mangasihi, peduli dan rela berkorban. Kita menjadi kuat, sebab Allah dapat melakukan hal yang tidak mampu manusia kerjakan.  Injil menjadi pesan iman yang membebaskan manusia dari kekuatiran, kebimbangan dan keputusasaan.

Doa: Tuhan perlindunganku, berikanlah kekuatan-Mu untuk kami. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *