fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Jumat, 12 November 2021

RAHASIA MENJADI PASANGAN YANG HARMONIS

Pembacaan Alkitab : I PETRUS 3 : 1 – 7

Keterbukaan dan pengertian merupakan rahasia antara suami dan istri dalam menjalani kebahagiaan rumah tangga bersama anak-anak. Rumah tangga Kristen adalah wadah kesaksian untuk bertumbuhnya iman dan spiritualitas, yang terwujud dalam hubungan dan relasi penuh pengertian dan saling mengasihi diantara anggota keluarga. Hal ini terletak pada hati nurani sebagai pusat atau jantung seluruh keberadaan dan pergerakan kita sebagai manusuia dan bukan semata pada materi.

Jika hati nurani kita sehat, dimana spiritualitas relasi kita dengan Tuhan menjadi prioritas, maka akan layak dalam kebahagian dan sukacita kehidupan pasangan suami istri. Mereka saling menghargai, menghormati, saling melengkapi kekurangan masing-masing, tidak ada yang lebih istimewa sebab di mata Tuhan manusia sama. Dunia ini tidak harus menempatkan kelompok lebih tinggi yang ditinggikan dan kelompok rendah yang dilemahkan, namun tinggi atau rendah, lemah atau kuat, mereka masing-masing memiliki kelebihan-kelebihan khusus yang Allah berikan.

Ciptakan hubungan yang harmonis sebab letak kebahagiaan adalah pada kemampuan menjaga dan merawat cinta kasih sebagai anugerah Tuhan. Kebahagiaan rumah tangga tidak semata oleh karena materi yang berlebihan, namun cinta kasih Kristus yang kita bangun di dalam keluarga dan menjadi inti dari kebahagian itu sendiri. Memang bukan hal yang mudah untuk menjaga kebersamaan dalam keluarga.

Banyak cobaan, tantangan dalam kebersamaan yang dibangun akan mendewasakan kita bertumbuh dalam iman. Pentingnya untuk menghadirkan Allah dalam Kristus melalui doa dan aktivitas binakel setiap malam. Sebab kehadiran Tuhan dan RohNya menuntun kita untuk bersikap bijaksana seorang akan yang lain, saling bertanggung jawab seorang akan yang lain, hidup penuh kasih, saling menghormati, saling melengkapi, saling memafkan. ’’Hidup rukun Tuhan perintahkan berkat bagi rumah tangga kita”

Doa: Tuhan berkatilah keharmonisan rumah tangga kami. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *