fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Senin, 04 April 2022

Mazmur 82 : 1 – 8

Berilah Keadilan Bagi Sesama

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia adil artinya sama berat, berpihak kepada yang benar dan tidak sewenang-wenang. Bacaan kita ini menggambarkan seruan pemazmur yang meminta keadilan dari Allah, sebab baginya hanya Allah hakim yang adil dan berhak atas segala bangsa. Para Allah yang dimaksudkan di sana ialah para pemimpin-pemimpin manusia yang punya kekuasaan.

Kalimat berapa lama lagi kamu menghakimi dengan lalim dan memihak kepada orang fasik (ay. 2)? Ditunjukan kepada para allah yang menghakimi. Sebab mereka mempergunakan kekuasaan itu dengan semena-mena bahkan dapat dengan sengaja memutar balikan kebenaran dan keadilan.

Seringkali kita tidak menyadari bahwa sikap dan perbuatan kita mencerminkan kehidupan para allah yang dimaksudkan di atas. Kedudukan dan kekuasaan kerapkali menggelapkan mata sehingga menyebabkan keadilan tidak ditegakan. Sesuatu yang benar dapat diputarbalikan menjadi salah maupun sebaliknya, termasuk ketidakadilan kepada orang yang lemah, anak yatim, orang yang sengsara dan yang kekurangan.

Ketidakadilan juga dapat terjadi dalam ruang lingkup yang kecil seperti di antara anggota keluarga baik suami isteri, orang tua terhadap anak maupun hubungan adik dan kakak. Kerjakanlah tanggungjawab yang diberikan dengan takut akan Allah. Jangan biarkan kelaliman dan kefasikan menguasai hati kita, tetapi belajarlah untuk mengedepankan kebenaran dan keadilan.

Tunjukanlah keberpihakan kita kepada yang benar dan janganlah bertindak sewenang-wenang terhadap orang lain. Ingatlah bahwa pada waktunya nanti Allah akan berdiri sebagai hakim dan mengadili dengan seadil-adilnya. Seperti semua kita yang ingin diperlakukan dengan seadil-adilnya, perlakukanlah juga orang lain dengan adil.

Doa: Ajarilah kami Tuhan agar berlaku adil kepada sesama. Amin.

Sumber Foto : www.google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *