” TERUSLAH BERDOA BAGI KEHIDUPAN “

oleh Pdt. Jan Z. Matatula

Hari ini Wadah pelayanan perempuan GPM yang bermetamorfosa dari wadah wanita GPM, kini memasuki usia 52 tahun, tepatnya tanggal 5 Mei 2020. Tentu sebagai Perempuan GPM, tetapi juga sebagai Gereja Protestan Maluku, patut kita melafaskan puji dan syukur kepada Allah kehidupan yang telah menuntun wadah ini dalam perjalanan panjang yang dilaluinya ditengah berbagai dinamik pelayanan yang dihadapi, termasuk dalam situasi Pandemic Covid 19 seperti ini.

Ungkapan syukur ini sekaligus merupakan Kredo Iman kita bersama yang menegaskan tentang hebatnya Kuasa Tuhan yang menyertai Pengurus dan anggota wadah pelayanan perempuan di semua araz bergereja dalam mengemban Amanat Pemberitaan Injil di wilayah Gereja Protestan Maluku. (Propinsi Maluku dan Maluku Utara).

Mungkin agak berbeda dengan tahun2 sebelumnya, dimana HUT Wadah Pelayanan perempuan itu dilakukan di gedung gereja dengan dekorasi ruangan yang menarik, serta berbagai asesoris perayaan lainnya yang indah termasuk kue HUT, maka kali ini perayaannya dilakukan di rumah masing-masing. Tetapi itu tidak akan mengurangi kebahagiaan dan sukacita perempuan GPM dalam memperingati HUT Perempuan GPM di tahun ini, bahkan yang menarik adalah HUT yang berlangsung di rumah ini memberi ruang bagi semua anggota keluarga terlibat di dalamnya.

Sebagai salah satu kategori pembinaan umat yang penting dan strategis dalam seluruh perencanaan pembinaan warga gereja yang dikembangkan GPM, wadah pelayanan perempuan telah memberikan banyak kontribusi bagi pengembangan GPM karena itu patut di apresiasi.

Kontribusi yang Perempuan GPM lakukan adalah mendorong setiap anggotanya untuk menyadari eksistensinya sebagai sosok penting dalam keluarga melalui berbagai perannya. Dimana seorang perempuan tidak hanya berperan pada ruang domestic, sebagai Ibu rumah tangga tetapi juga di ruang-ruang public, sebagai wanita karier dalam masyakarat, antara lain sebagai tenaga pendidik, kesehatan, tentara, polisi, birokrasi, legislasi, yudikatif dll.

Demikian pula Perempuan GPM tidak saja memainkan peran sebagai pendidik dalam keluarga, tetapi juga sebagai pemberita Injil dalam keluarga dan Jemaat (Pendeta, Penatua, Diaken, Koordinator unit, Pengurus Wadah dll). Begitu pula, peran yang dimainkan, tidak saja mengatur penghasilan suami, tetapi juga bekerja keras sebagai pencari nafkah tambahan bagi keluarga (pelaku ekonomi mikro sampai makro). Dan yang terpenting peran yang perempuan mainkan adalah sebagai penerus generasi. Mungkin peran-peran ini belum dimainkan secara baik, karena itu perlu dijaga konsistensinya dan ditingkatkan, tetapi itulah kontribusinya bagi Gereja Protestan Maluku.

Dalam posisinya seperti itu maka kecenderungan melihat perempuan sebagai objek untuk memenuhi libido kekuasaan pihak2 tertentu, disamping budaya-budaya tertentu yang juga mengabaikan bahkan melecehkan eksistensi perempuan dalam kehidupan social harus dilihat dengan cermat. Karena hal ini kemudian menyebabkan terjadinya tindakan ketidakadilan terhadap perempuan, diskriminasi, pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga baik dalam bentuk verbal maupun fisik terhadap kaum perempuan. Karena itu di HUT ke 52 tahun ini, Perempuan GPM diharapkan agar teruslah bersuara dengan nyaring sebagai bentuk advokasi verbal, tetapi juga aksi-aksi damai untuk memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.
Memang dibutuhkan keberanian untuk melakukan aksi-aksi advokasi terhadap kaum perempuan, dan itu adalah misi yang harus dimainkan wadah pelayanan Perempuan GPM.

Melalui wadah pelayanan perempuan, kita dorong kaum perempuan GPM untuk menjadi duta-duta pembebasan dan pembaharuan di tengah masyarakat, yang di mulai dari keluarganya.

Teruslah berdoa bagi keluargamu perempuan GPM, sebab doamu adalah kehidupan bagi suami dan anak-anakmu bahkan seisi rumahmu. Karena doamu kau wujudkan dalam bentuk kerja keras bagi keluargamu.

Berdoalah juga bagi kehidupan bersama yang sementara terancam pandemic covid 19 ini.
Dunia terus merindukan doa-doamu perempuan GPM.

Dirgahayu Perempuan GPM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

John Brown Womens Jersey