Pendeta Elvin M Alfons – Ifasaksily Menjabat KMJ GPM Passo Utara

Serah terima jabatan merupakan proses alamiah dalam konteks manajemen organisasi modern yang ditujukan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan serta memperkaya pengalaman sehinggga diharapkan mampu mengemban semua tugas yang dibebankan secara profesional dan proporsional, guna pencapaian tujuan yakni peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan kinerja.

Demikian juga yang terjadi di dalam Tubuh Gereja Protestan Maluku, dimana pergantian Ketua Majelis Jemaat merupakan hal yang lumrah dilakukan. Karena terjadi regenerasi, ada yang pensiun atau ada yang berpindah tempat tugas.

Minggu (16/5/) bertempat di Gedung Gereja Kasih Karunia Passo, Jemaat GPM Passo Utara Klasis Pulau Ambon Timur, telah dilakukan serah terima jabatan Ketua Majelis Jemaat GPM Kasih Karunia dari pejabat yang lama Pdt. Z. Leasa,STh, kepada Pdt. Ny. Elfin Alfons/Ifasaksily.

Serah Terima Ketua Majelis Jemaat GPM Passo Utara ini diawali dengan kebaktian Minggu yang dipimpin Ketua Majelis Jemaat yang lama, Pdt. Z. Leasa,STh, sekaligus merupakan Kotbah yang terakhir selaku Ketua MJ, dan selanjutnya memasuki masa purna bhakti atau pensiun. Dalam khotbahnya Leasa menuturkan kalau para murid Yesus ketika ditinggalkan Yudas mereka langsung mencari pengganti agar dapat mengisi kekosongan, demikin juga Gereja Protestan Maluku dalam mengemban misi sebagai murid Yesus harus ada pengantian untuk meneruskan misi pemberitaan itu.

Dipertengahan kebaktian, dilakukan Akta Pelepasan dan Peneguhan Ketua Majelis Jemaat GPM Passo Utara, oleh Ketua Klasis Pulau Ambon Timur, Pdt. I. Sapulete,STh. Hadir dalam kebaktian Ketua Klasis GPM Kota Ambon Pdt. N. Rutumalessy, KMJ Silo Pdt. Jan Matatula beserta istri, serta Majelis Jemaat Silo bersama Komisi PTPU. Majelis beserta Pendeta Jemaat GPM Silo berkenan mengisi Pujian dalam kebaktian ini.

Leasa dalam sambutannya, menegaskan bahwa selama dua tahun memimpin Jemaat GPM Passo Utara, banyak suka dan duka yang dialami. Namun ia berharap kepada Alfons yang akan meneruskan tugas dan tanggung jawabnya, dapat melanjutkan apa yang sudah ia tanamkan, dan dapat memajukan jemaat ini lebih baik lagi.

Elvin Alfons, dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai Ketua MJ GPM Passo Utara yang baru diembannya ini merupakan tanggungjawab pelayanan sebagai wujud perutusan yang dipercayakan oleh Tuhan.

Elvin meminta semua pihak, baik Majelis Jemaat, seluruh Jemaat GPM Passo Utara, Pemerintahan Desa Passo serta Pemerintahan Kecamatan Teluk Ambon Baguala, dapat menopangnya untuk melakukan tugas-tugas pelayanan. Sehingga Sinergitas untuk meningkatan sumber daya manusia di dalam jemaat ini, dapat dilakukan secara bersama-sama.

Dihadapan Badan Majelis Jemaat GPM Silo dan Badan-Badan Pembantu yang mengantarkan Alfons dalam momen serah terima jabatan ini, mengharapkan agar dapat terus menopangnya dalam setiap tugas dan tanggung jawab, walaupun dirinya sudah tidak lagi bertugas di Jemaat Silo.

Sementara itu, Ketua Klasis Pulau Ambon, Pdt. I Sapulete,STh, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pdt. Z. Leasa dan keluarga, yang boleh mengakhiri tugasnya selaku pegawai organic GPM selama 32 tahun. Ia berharap walaupun telah mengakhiri tugas selaku pegawai organic GPM, namun tugas-tugas pelayanan di bendang  milik Tuhan tetap dilakukan seumur hidup.

Saulette

Selain itu, Sapulete meminta Alfons selaku Ketua MJ yang baru, dapat membangun kerjasama dengan semua pihak, baik jemaat maupun Pemerintah, sehingga tugas-tugas pelayanan yang diemban, dapat berjalan dan mendapat dukungan penuh dari stakeholder.(SMC-03 & SMC-06).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *