SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Rabu, 13 Oktober 2021

Pembacaan Alkitab : Roma 4 : 2 – 6

Dibenarkan Karena Iman

Pernahkah kita mendengar istilah “sombong rohani”? Istilah ini mengandung pandangan bahwa diri lebih baik secara moral, atau lebih benar dari orang lain. Pandangan ini juga diperlihatkan oleh orang Kristen asal Yahudi yang merasa paling benar di hadapan Allah karena mempraktekkan hukum taurat (band. Rm.3:20). Mereka beranggapan bahwa keselamatan hanya dimiliki oleh orang yang melakukan hukum taurat, sebaliknya semua yang tidak mempraktekan hukum taurat dianggap “kafir” dan tak berhak atas keselamatan Allah.

Pandangan ini sangat berbahaya karena berpotensi perpecahan bagi orang Kristen Yahudi dengan non Yahudi di Roma. Menanggapi pandangan tersebut, Paulus kemudian memberikan pemahaman yang baru dengan memberikan contoh tentang tokoh Abraham, bapa leluhur Israel (ay.1). Abraham dikenal sebagai bapa orang beriman karena memiliki iman yang sungguh kepada Allah (band. Kej.12:1-9; 15:1-21; 18:1-15). Allah memperhitungkannya sebagai kebenaran (ay.3 band.Ibrn.11:8). Demikian juga dengan Daud dibenarkan oleh iman bukan oleh perbuatannya (ay.6).

Paulus mau mengatakan bahwa baik Abraham maupun Daud dibenarkan oleh Tuhan karena iman mereka bukan karena melakukan tuntutan Hukum Taurat atau melakukan perbuatan baik lainnya. Karena itu, apa yang harus dibanggakan di hadapan Allah? Makna bacaan ini bagi kita adalah bahwa setiap orang percaya sudah menerima anugerah keselamatan secara cuma-cuma dari Allah melalui pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib bukan hasil usaha kita atau perbuatan baik (rajin beribadah, rajin melayani, memberikan persepuluhan,dll) sebab berkat yang diterima adalah milik Allah yang diberikan berdasarkan kasih karunia-Nya. Karena itu, kita tidak perlu “sombong rohani” dengan mengaggap diri paling baik dan benar di hadapan Tuhan sedangkan orang lain berdosa.

Doa: Tuhan tuntunlah hati kami untuk tidak sombong rohani. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *