SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Kamis, 14 Oktober 2021

Pembacaan alkitab : Roma 5 : 1 – 2

Bersama Yesus, Melangkah di Tengah Badai Hidup

Pandemi Covid 19 dengan varian Delta dan MU telah menimbulkan rasa kecemasan, ketakutan bahkan Kesengsaraan (penderitaan) bagi banyak orang. Situasi serupa juga dialami oleh orang Kristen di Roma, mereka mengalami penganiayaan yang hebat karena iman kepada Yesus Kristus. Dalam menghadapi situasi yang demikian, ada orang Kristen yang yang tetap bertahan dalam iman kepada Yesus Kristus sekalipun harus menderita, tetapi ada juga yang akhirnya memilih untuk meninggalkan imannya kepada Yesus Kristus karena tidak sanggup menghadapi tekanan tersebut.

Paulus menasihati orang percaya agar di tengah situasi yang sulit, mereka tetap mempertahankan iman kepada Yesus Kristus. Alasannya, mereka sudah dibenarkan karena iman melalui pengorbanan Yesus di kayu salib. Yesus telah menyelamatkan mereka dari kuasa dosa dan memberikan sukacita, damai sejahtera (ay.1) Kehidupan yang berpusat pada Yesus memampukan orang percaya untuk kokoh berdiri menghadapi berbagai kesengsaraan bahkan dapat bermegah dalam pengharapan karena mereka akan menerima kemuliaan Allah (ay.2).

Bacaan ini menegaskan sikap berani menghadapi kenyataan hidup, terutama yang membebani dan menekan. Masalah janganlah melemahkan pengharapan kita kepada Yesus Kristus, sebaliknya menjadi pintu masuk membangun pengharapan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh seorang bijak: “Harapanlah yang membuat seseorang mampu untuk bertahan menjalani hidup sekalipun ada begitu banyak tantangan dan hambatan”.

Semoga kita memiliki harapan kepada Yesus Kristus dalam hidup ini. Saat kita membuka mata di pagi hari, bahkan ketika akan menutupnya pada malam nanti, tetaplah berpengharapan kepada Yesus, Tuhan penyelamat, sambil menyambut hari esok yang lebih baik.

Doa: Tuhan, tuntunlah kami melangkah di tengah badai hidup. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *