SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Selasa, 12 Oktober 2021

Pembacaan Alkitab : Roma 2 :12 – 16

Allah Berlaku Adil

Allah menuntun kita untuk menemukan kebenaran-Nya. Kebenaran akan Allah memerdekakan kita. Paulus katakan: Allah berikan kebenaran kepada semua orang dan Ia berlaku adil atas mereka. Allah mencintai semua umat manusia, sekalipun bangsa lain tidak memiliki Hukum Taurat. Ia menciptakan hati nurani, agar semua orang dapat memahami benar dan salah.  

Hukum Taurat, menunjukkan bahwa manusia tidak mampu untuk lepas dari dosa sehingga dibutuhkanlah anugerah yang menyelamatkan. Paulus menegaskan bahwa semua orang harus  menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya mereka memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidup, baik atau jahat. Perbuatan jahat orang percaya yang telah diakui dalam pertobatan, akan diampuni (Roma 8:1). Siapa yang melakukan kesalahan  akan menanggung akibatnya. Hal itu terkait dengan penghakiman Allah.  

Keselamatan seseorang tidak ditentukan Hukum Taurat, tetapi oleh kasih karunia Allah. Hukum Taurat berisi tuntunan Allah bagi umat-Nya untuk hidup dan beribadat dan saling melayani. Yesus datang ke dunia dalam kebenaran  dan memerdekakan manusia dari perhambaan dosa. Ia adalah hakim yang adil dan benar.

Demikianlah orang Kristen harus menyempurnakan dalam diri mereka takut akan Tuhan, sehingga dapat hidup dalam kemurnian hati nurani dan penguasaan diri, berjaga, berdoa,  kudus, saleh, serta menunjukkan kemurahan juga kebaikan kepada semua manusia.

D O A
Ya Tuhan berilah Roh-Mu menuntun hati kami, agar mampu melakukan kebenaran.
Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *