SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Selasa, 26 Oktober 2021

Teguran Yang Berdampak, Buah dari Mengandalkan Tuhan

Pembacaan Alkitab: Yehezkiel 33: 12-13

Selain memberikan rumput dan air yang cukup dan melindungi dari binatang buas, tanggung jawab dari penjaga kambing domba adalah juga mengingatkan kambing dombanya dengan tongkat apabila kambing dombanya mulai berjalan sendiri menuju tempat yang berbahaya. Itulah gambaran tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada Yehezkiel sebagai penjaga Israel. Tanggung jawab Yehezkiel adalah menyampaikan peringatan, teguran, nasihat dari Tuhan kepada bangsa Israel ketika mereka berbuat dosa.

Ketika kita dipercaya oleh Tuhan untuk menjadi penuntun atau mengingatkan orang-orang yang berbuat dosa atau kesalahan, kita harus mengingatkannya dengan sungguh-sungguh dan tidak ada rasa takut dan merasa tidak enak atau malu hati, ketika kita melakukan yang benar kita dapat menolong orang itu untuk kembali kepada Tuhan dan menjadi orang yang lebih baik. Orang yang mengandalkan Tuhan akan selalu meminta hikmat-Nya untuk menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pergaulan.

Kita akan lebih bijaksana dalam bersikap dan bergaul dan tidak mudah terpengaruh oleh pergaulan yang tidak baik. Orang yang sungguh-sungguh dekat Tuhan akan selalu meminta hikmat dan pimpinan-Nya dalam melangkah. Alangkah lebih baik jika kita memberi teguran yang berdampak untuk kebaikan mereka, dibandingkan kita hanya diam saja melihat mereka jatuh. Tuhan memakai kita untuk menjadi berkat. Jika kita ingin menjadi berkat andalkanlah Tuhan setiap saat maka Ia akan memakaimu menjadi saluran berkat bagi banyak orang.

Doa: Tuhan, kami ingin selalu mengandalkan-Mu setiap saat dan dipakai Engkau untuk menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *