SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Minggu, 14 November 2021

KEBERSAMAAN HIDUP YANG DIJAGA DAN DIRAWAT

Pembacaan Alkitab : LUKAS 10 : 25 – 37

Sering kita lupa pada ajaran Yesus yaitu kasihilah sesama manusia seperti dirimu sendiri. Kebanyakan kita bisa berfikir baik, berbicara juga baik namun kemampuan melakukannya yang sangat lemah. Kasih yang rela berkorban sebagaimana tindakan orang Samaria dalam perikop ini menantang kita semua untuk mewujudkan dalam kehidupan setiap hari.

Kata orang Samaria ini “Rawatlah dia dan jika kau belanjakan lebih dari ini, aku akan menggantikannya waktu aku kembali”. Perumpamaan ini menggambarkan cinta kasih kepada sesama. Cinta kasih yang tidak terbatas ini menunjukkan bahwa siapa yang melihat orang terluka dan membiarkannya serta tidak menolongnnya, sama seperti mereka menyebut diri mereka orang Kristen namun hatinya tidak peka terhadap penderitaan dan kesusahan orang lain.

Hal ini dengan jelas mengungkapkan bahwa didalam diri mereka tidak terdapat Kasih. Panggilan untuk mengasihi adalah tanggung jawab orang yang beriman. Karena kasihNya yang besar, Allah menciptakan manusia segambar dan menjadi termulia. Kasih Allah memelihara kita sehingga kita hidup. Karena kasih setia Allah itulah manusia tidak hidup sekedar hidup, namun membuat hidup itu bermanfaat dan berkualitas dengan mengasihi sesamanya.

Sepuluh contoh hidup kebersamaan dalam keluarga dan sesamanya. Saling menyayangi, saling menghormati, hidup selalu rukun, selalu berbagi, selalu tolong-menolong, selalu menghibur seorang dengan yang lain, saling memotivasi, selalu menjadi penyemangat keluarga dan sesama, selalu ada disaat keluarga dan sesama sedang susah. Marilah kita menjaga dan merawat hidup dalam kebersamaan dengan mengasihi, menolong dan membantu sesama sebagai wujud menghidupi kasih Kristus.

Doa : Ajarilah kami Tuhan untuk terus hidup saling mengasihi. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *