fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Sabtu 15 Januari 2022

Matius 21 : 18 – 22

Percaya dan Berbuahlah

Brenda, seorang pemudi yang sangat aktif dalam berbagai kebaktian. Tak satu pun kebaktian yang terlewatkan olehnya. Jika ia mendengar bahwa ada orang yang dikenalinya meninggal, sekalipun tinggal jauh dari tempat tinggal nya, Brenda tak pernah absen mengikuti kebaktian penghiburan dan pemakaman. Dengan rajin berkebaktian maka orang berpikir bahwa Brenda adalah seseorang yang patut dicontohi.

Benarkah demikian? Ooo..tidak! Di rumahnya, Brenda ternyata seorang yang keras kepala, mau punya mau, pembangkang dan suka membuat masalah dengan orang tua dan saudara-saudaranya. Brenda taat beribadah tapi tidak bisa menghasilkan buah. Ia sama seperti pohon ara dalam kesaksian Matius pada bacaan kita hari ini.

Saudaraku, hari ini kita belajar dari kesaksian Matius tentang peristiwa pengutukan pohon ara yang tidak berbuah oleh Tuhan Yesus serta perumpamaan tentang “mencampakkan gunung ke laut”. Kisah Tuhan Yesus ini hendak mengajarkan bahwa sebagai orang percaya kita harus berbuah. Berbuah, berarti kita memberitakan kebenaran firman Tuhan dengan kata tetapi juga melalui perbuatan. Berbuah berarti lewat sikap hidup yang kita perlihatkan ada orang lain yg diselamatkan.

Kenapa Yesus ingin pohon ara berbuah? Karena Yesus ingin umat-Nya berbuah. Karena itu sekalipun seseorang tampak rajin berkebaktian, namun jika hidupnya tidak sesuai dengan kehendak Tuhan maka kebaktian yang dilakukannya setiap waktu hanya sesuatu yang sia-sia belaka. Sesuatu yang dilakukan sebagai rutinitas dan tidak lahir dari hati yang sungguh percaya.

Untuk bisa menghasilkan buah kita juga harus melekat pada pokok pohon yaitu Tuhan Yesus Kristus (band. Yohanes 15 : 5 Yesus Pokok Anggur dan kita carangnya). Melekat pada pokok berarti percaya kepada Yesus dengan sepenuh hati. Hasilnya, kita pasti akan menghasilkan buah yang baik dan banyak dan nama Tuhan dipermuliakan.

Doa: Tuhan, kami mau ercaya pada-Mu dan menghasilkan buah. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *