fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Sabtu, 22 Januari 2022

Jaminan Sudah di Tangan, Peliharalah

Mazmur 89 : 1 – 8

Tuhan memperlakukan umat-Nya sebagai pribadi yang dewasa. Karena itu, hubungan antara Tuhan dan umat-Nya diikat dalam bentuk perjanjian. Ikatan perjanjian hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa karena mereka telah mengerti hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya.

Lazimnya, kedudukan kedua belah pihak yang mengadakan suatu perjanjian adalah setara. Namun, perjanjian seperti yang disaksikan dalam Alkitab, kesetaraan itu tidak dapat dikenakan kepada Tuhan. Itu sebabnya, perjanjian antara Allah dan umat-Nya disebut perjanjian anugerah. Isi perjanjian itu adalah Tuhan menjadi Allah Israel dan menjamin kehidupan umat-Nya, sedangkan bangsa Israel menjadi umat pilihan-Nya.

Jaminan Tuhan kepada Israel dinyatakan-Nya melalui Daud sebagai raja yang diurapi. Karena itu, seorang raja wajib melaksanakan titah Tuhan dengan cara menyejahterakan rakyatnya. Kita sudah mendapatkan jaminan anugerah Allah, cara untuk berterima kasih dan menghargai kasih setia-Nya adalah dengan taat dan eratkan hubunganmu dengan Tuhan, lakukan apa yang menjadi tanggung jawabmu dengan sukacita, jangan bersunggut.

Lakukan saja apa yang menjadi bagianmu. Setiap kita punya panggilan masing-masing untuk dilakukan. Lakukan itu dengan setia, lakukan itu dengan dedikasimu bukan karena mengharapkan imbalan tetapi karena kasih setia-Nya selalu tercurah dalam hidup kita.

SEPATU = Selalu Pandang Tuhan, Tuhan sangat baik dan terlalu baik di hidupmu. Nyatakanlah kebaikan-Nya dalam hidupmu. Tersenyumlah menapaki hari yang penuh kepastian bersama dengan Tuhan.

Doa:  Tuhan, Mampukan aku memelihara setiap anugerah-Mu dalam hidupku, ajarku melakukan kehendak-Mu setiap hari sehingga hidupku berkenan. Amin.

Sumber gambar: https://www.baitsuci.com/2019/08/tuhan-menyertai-ke-mana-pun-kamu-pergi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *