fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Sabtu, 29 Oktober 2022

Roma 11 : 20 – 24

Cabang – Cabang Liar

Mencangkok merupakan sebuah rekayasa genetik tanaman yang banyak dilakukan untuk tujuan memperbanyak tanaman serta mendapatkan hasil panen dengan kualitas yang lebih baik. Biasanya pencangkokan dilakukan dengan memperhatikan kualitas tanaman induk, karena itu dipilih indukan yang potensial agar hasil lebih maksimal. Bahasa metafora dipakai Paulus untuk mengingatkan orang Kristen bukan Yahudi agar tidak menyombongkan diri karena mereka diselamatkan oleh Allah.

Kitapun adalah orang-orang percaya bukan Yahudi atau dalam Bahasa metforis adalah cabang-cabang dari pohon zaitun liar. Jika Bangsa Israel yang adalah cabang utama dari zaitun yang sejati dapat ditebang dan dihancurkan akibat kesombongan, maka kita sebagai cabang-cabang liar juga akan dengan mudah ditebang dan dibakar. Bangsa Israel menjadi sombong karena keterpilihan mereka sebagai umat Allah. Sikap sombong rohani dan puas diri ini adalah hal yang tidak pantas di hadapan Allah. Karena itu Paulus mengingatkan “Janganlah sombong, tetapi takutlah.”

Kita adalah cabang-cabang liar yang dicangkokkan kepada pohon keselamatan dan telah menerima anugerah besar dari Allah untuk menikmati hidup sebagai umat-Nya. Karena itu tidaklah pantas bagi kita untuk menyombongkan diri karena anugerah keselamatan yang telah diterima itu. Sebaliknya, peliharalah keselamatan yang telah dianugerahkan Allah itu. Hiduplah dengan berperilaku jujur, setia, adil dan rendah hati agar kita dapat tumbuh dan berbuah lebat sehingga dapat dinikmati oleh sesama serta dunia.

Doa: Ya Tuhan, tuntunlah kami untuk merawat keselamatan yang Kau berikan agar berbuah dan menjadi berkat bagi dunia. Amin.

Sumber foto : Canva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *