fbpx

Santapan Harian Keluarga (SHK) Sabtu, 20 Januari 2024

YAKOBUS 1 : 2 – 8

BERTAHANLAH DI TENGAH PENCOBAAN

Mayor, seorang teolog Kristen pernah memperingatkan orang Kristen untuk jangan hidup seperti gabus di pantai, karena terkadang dapat berada dekat pantai, namun terkadang jauh dari pantai. Bahkan seorang Kristen juga jangan hidup seperti pemabuk karena saat berjalan mereka selalu terhuyung-huyung dari tepi jalan yang satu, ke tepi jalan yang lain.

Bagi Mayor, orang Kristen yang hidupnya seperti gabus dan pemabuk memperlihatkan sikap yang tidak konsisten dalam iman mereka. Sejalan dengan penegasan Mayor, Yakobus juga memberi peringatan kepada umat untuk tidak mendua hati di tengah penderitaan yang dihadapi (ay. 7-8). Mempercayakan hidup secara total kepada Allah adalah jalan kemuridan yang harus dipilih umat.

Bagi Yakobus, penderitaan yang dihadapi adalah bentuk pengujian: apakah tetap mempercayakan hidup kepada Allah, atau berpaling ke pengetahuan diri sendiri? Nats hari ini menjadi perenungan bersama, apakah di tengah persoalan, kita masih terus mempercayakan hidup secara total kepada Allah? atau justru, kita telah mengandalkan kekuatan diri sendiri?

Yakinlah! bahwa percaya kepada Allah tidak akan pernah berakhir dengan kesia-siaan. Karena orang yang percaya kepada Allah akan merasakan peranan Allah dalam hidupnya, sehingga penderitaan yang terjadi akan dapat dimaknai melalui perjalanan bersama dengan-Nya. Berjalanlah dengan iman bersama Allah dan nikmatilah kasih Allah dalam kehidupanmu!

Doa : Ya Allah, kokohkanlah iman kami kepada-Mu. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *