fbpx

Santapan Harian Keluarga (SHK) Senin, 19 Februari 2024

Kase Deng Tulus

Keluaran 22 : 21 – 27

“Tangan kanan kase, tangan kiri jang tau” istilah ini tidak lazim dalam hidup orang Maluku, hidup orang basudara. Artinya kalau ingin memberikan sesuatu kepada seseorang dengan niat membantu, maka janganlah pernah mengharapkan untuk dikembalikan dan janqan menqungkit-ungkit. Sebab pemberian yang tulus tidak akan pernah menuntut imbalan.

Kitab Keluaran 22 : 21 – 27 menggambarkan situasi dimana bangsa Israel diajari untuk melakukan kebaikan dalam hidup mereka termasuk tentang Hidup saling mengasihi. Terdapat banyak aturan yang baik untuk mengajarkan Bangsa Israel agar hidup tidak saling menindas, Larangan dan ajaran tersebut juga diberikan kepada kita, hidup kekeluargaan dan dalam kebersamaan seharusnya terpupuk dalam binqkai saling mengasihi.

Tidak saling menjatuhkan, tidak saling menindas, tidak saling menuntut. Membangun persekutuan hidup yang saling melengkapi adalah dambaan setiap manusia dan oleh karenanya kita diajak saat ini agar mampu merangkai hidup bersama dengan hati yang penuh ketulusan.

Tulus memberi tulus membantu, tulus menopang, tulus mendukung, tulus memberi semangat dan tulus melayani Tuhan. Percayalah, tangan kanan yang terbuka itu pasti akan menerima berkat Tuhan yang tidak berkesudahan. Jadilah pribadi yang Tulus dan Rendah hati.

Doa : Ya Tuhan, Ujilah kami. Lihatlah ketulusan kami untuk melayaniMu dan sesama. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *