fbpx

Silo Berduka : Pemakaman Pdt. D. A. Saununu, Sm.Th

[jemaatgpmsilo.org – Ambon]

Setelah disemayamkan kurang lebih 4 hari di rumah Pastori 3 Jemaat Silo, maka pada tanggal 24 Januari 2018 pkl.12.00 WIT, dilaksanakanlah prosesi Ibadah Pemakaman Ketua Majelis Jemaat Silo, Alm. Pdt. Dominggus Agustinus Saununu. Keseluruhan prosesi diawali dengan Ibadah Pelepasan dari rumah duka, yaitu dari lokasi Rumah Pastori 3 Jemaat GPM Silo Jln. Diponegoro di Lorong Mayang. Ibadah yang berlangsung kurang lebih 30 menit itu dipimpin oleh Pdt. Ny. Y. Rutumalessy/S.

Kemudian arak-arakan jenazah berlangsung menuju Gedung Gereja Silo, dalam prosesi peti jenazah diusung oleh Keluarga – Kerabat dari Rumah Duka ke Ujung Lorong Mayang, dilanjutkan oleh Majelis Jemaat GPM Pniel dari ujung Lorong Mayang sampai depan Gedung Gereja Silo, dilanjutkan oleh Majelis Jemaat Silo dari depan Gedung Gereja sampai dengan Pintu Masuk Utama Ruang Ibadah, kemudian dilanjutkan oleh Para Pendeta GPM dari Pintu Utama Ruang Ibadah menuju ke depan Altar.

Pembacaan Daftar Riwayat Hidup dan Pelayanan oleh Pdt. Ny. W. Soukotta, S.Th

Ibadah di Gereja Silo diawali dengan pembacaan Daftar Riwayat Hidup dan Pekerjaaan/Pelayanan almarhum oleh Pdt. Ny. W. Soukotta-Joseph, S.Th Wakil Sekretaris Umum MPH Sinode GPM. Berikut ini Daftar Riwayat Hidup dan Pekerjaan/Pelayanan Alm. Pendeta Dominggus Saununu, Sm.Th :

Riwayat Hidup :

Nama                                    :       Dominggus Saununu, Sm.Th

Jabatan                                :       Ketua Majelis Jemaat GPM Silo, Klasis Kota Ambon

Tempat Tgl. Lahir              :       Luhuleli (Pulau Leti) 19 Agustus 1962

Nama Isteri                         :       Ny. Marthina Saununu / Keliduan

Nama anak-anak              :       1. Boyke Gusti Saununu 2. Adelce Augusta Saununu, 3. Marphin Prajetno Saununu

Serta 1 orang Menantu dan 1 orang Cucu.

Meninggal Dunia              :       Sabtu, 20 Januari 2018, Pkl. 23.30 WIT di RSUD dr. Haulussy Ambon

Pemakaman                      :        Rabu, 24 Januari 2018, Pkl. 12.00 WIT di Pekuburan Kebun Cengkeh Ambon

Riwayat Pelayanan :

  1. Setelah menamatkan pendidikan pada Fakultas Theologia UKIM di Ambon pada tahun 1986, maka dengan Surat keputusan Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku Nomor : 77/I/Pa, tanggal 19 Mei 1987, Saudara Dominggus Saununu, Sm.Th diangkat sebagai Calon Pendeta/ Vikaris / Calon Pelayan Firman Gereja Protestan Maluku dan ditempatkan di Jemaat GPM Penutubang – Klasis Pulau-Pulau Sula.
  2. Dengan Surat Keputusan Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku Nomor 158/I/Pa tanggal 28 September 1988, Pendeta Dominggus Saununu, Sm.Th diangkat sebagai Pendeta / Pelayan Firman Gereja Protestan Maluku dan ditempatkan di Jemaat GPM Penutubang – Klasis PP Sula sebagai Penghentar Jemaat.
  3. Dengan Surat Keputusan Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku Nomor 177/IV/Pa tanggal 11 Oktober 1990, Pendeta Dominggus Saununu, Sm.Th dimutasikan ke Jemaat GPM Sanana – Klasis PP Sula sebagai Penghentar Jemaat.
  4. Dengan Surat Keputusan Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku Nomor 102/IV/Pa tanggal 06 Maret 1996, Pendeta Dominggus Saununu, Sm.Th dimutasikan ke Jemaat GPM Makariki – Klasis Masohi sebagai Ketua Majelis Jemaat.
  5. Dengan Surat Keputusan Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku Nomor 56/IV/Pa tanggal 03 Februari 1998, Pendeta Dominggus Saununu, Sm.Th dimutasikan ke Jemaat GPM Waihatu – Klasis Kairatu sebagai Ketua Majelis Jemaat.
  6. Dengan Surat Keputusan Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku Nomor 138/IV/Pa tanggal 21 Juli 2004, Pendeta Dominggus Saununu, Sm.Th dimutasikan ke Jemaat GPM Kairatu – Klasis Kairatu sebagai Ketua Majelis Jemaat.
  7. Dengan Surat Keputusan Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku Nomor 46/IV/Pa tanggal 14 Maret 2009, Pendeta Dominggus Saununu, Sm.Th dimutasikan ke Jemaat GPM Pniel – Klasis Kota Ambon sebagai Ketua Majelis Jemaat.
  8. Dengan Surat Keputusan Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku Nomor 143/IV/Pa tanggal 19 April 2017, Pendeta Dominggus Saununu, Sm.Th dimutasikan ke Jemaat GPM Silo – Klasis Kota Ambon sebagai Ketua Majelis Jemaat.
  9. Dalam menekuni seluruh tugas dan tanggung jawab pelayanan, Pendeta Dominggu Saununu, Sm.Th mengalami gangguan kesehatan (sakit) dan dalam perawatannya ia dipanggil pulang oleh Tuhan Yang Maha Kuasa pada Sabtu, 20 Januari 2018 Pkl. 23.30 WIT di Rumah Sakit Umum Daerah dr. M. Haulussy Ambon, dalam usia 55 tahun 5 bulan 1 hari;
  10. Berdasarkan uraian diatas, Pendeta Dominggus Saununu, Sm.Th telah melaksanakan tugasnya selaku Pegawai Organik Gereja Protestan Maluku selama 30 tahun 9 bulan, dengan Pangkat Anumerta : Pembina Tingkat I – Golongan IV/b, dan kepadanya diberikan Hak Pensiun Pegawai Organik GPM;
Pdt. Dr. N. Sedubun, M.Th
Ibadah di Gedung Gereja Silo

Ibadah Pemakaman di Gedung Gereja Silo dipimpin oleh Pdt. Dr. N. Sedubun, M.Th selaku Anggota Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode GPM. Hadir dalam ibadah dimaksud, warga jemaat dalam jumlah yang sangat banyak dan terlihat berasal dari sejumlah jemaat yang pernah dilayani oleh almarhum, mulai dari Jemaat GPM Silo, Jemaat GPM Pniel, Jemaat GPM Kairatu, Jemaat GPM Waihatu, Jemaat GPM Makariki, Jemaat-Jemaat dalam Klasis Kota Ambon, Klasis Pulau Ambon, Klasis Pulau Ambon Timur, Para Pendeta GPM, mantan Pendeta yang pernah bertugas di Jemaat GPM Silo, jajaran Majelis Pekerja Klasis Kota Ambon, Majelis Pekerja Harian Sinode GPM.

Ketua MPH Sinode GPM, Pdt. Drs. A.J.S. Werinussa, M.Si

Ketua MPH Sinode GPM, Pdt. Drs. A. J. S. Werinussa, M.Si dalam sambutan pelepasan mengatakan, “peristiwa kematian adalah sebuah peristiwa kemanusiaan yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia. Kita mungkin berencana lain atas diri dan keluarga kita, tetapi sesungguhnya kehendak Tuhan jauh lebih berkuasa.” Lebih lanjut ditegaskan oleh Pendeta yang sehari-hari disapa Bapak Ates itu, bahwa peristiwa kematian Ketua Majelis Jemaat Silo ini akan menjadi pembelajaran berharga bagi semua pihak, baik bagi Sinode GPM, bagi Klasis Kota Ambon, bagi Jemaat-Jemaat se GPM dan juga tentu saja bagi Jemaat GPM Silo sendiri. Bahwa tanggung jawab melayani dengan ketulusan hati yang ditunjukkan oleh almarhum, bahkan sampai-sampai melupakan perhatian akan kebutuhan tempat tinggal bagi isteri dan anak-anak adalah sesuatu yang mesti dilihat dan disikapi bersama dengan bijak oleh gereja dan jemaat.

Dipenghujung rangkaian Ibadah Pemakaman almarhum Pdt. Dominggus Agustinus Saununu Sm.Th, peti jenazah diusung dari Meja Altar ke mobil  jenazah oleh Majelis Jemaat GPM Silo, untuk selanjutnya dibawa dalam iring-iringan kendaraan motor dan mobil dalam jumlah sangat banyak ke TPU Kebun Cengkeh – Ambon, Ibadah di Pekuburan dipimpin oleh Pdt. Ny. E. Alfons/I. Akhir dari prosesi di pekuburan adalah peletakan karangan bunga secara berurutan masing-masing : Wakil Sekretaris Umum Sinode GPM, Ketua Klasis GPM Kota Ambon, Wakil Ketua Majelis Jemaat GPM Silo, dan terakhir oleh Isteri dan anak-anak.

Peti Jenazah diusung AM-GPM Silo
Ibadah di TPU Kebun Cengkeh
Tempat Peristirahatan Terakhir Pdt. D.A. Saununu, Sm.Th

Setelah Ibadah Pemakaman di TPU Kebun Cengkeh, jemaat berduyun-duyun menuju rumah duka di Rumah Pastori 3 Jemaat GPM Silo, untuk melaksanakan Doa Syukur yang dipimpin oleh Pdt. Siahaya, sebagai akhir dari seluruh rangkaian prosesi ibadah pemakaman almarhum Pdt. Dominggus Agustinus Saununu, Sm.Th Ketua Majelis Jemaat GPM Silo.

Doa Syukur oleh Pdt. Siahaya

Dalam catatan Majelis Jemaat GPM Silo, bahwa semenjak dilantik dalam ibadah minggu, 29 Oktober 2017 hingga meninggal dunia, almarhum menjabat sebagai Ketua Majelis Jemaat GPM Silo selama 2 bulan 22 hari, atau 83 hari. Berikut ini adalah diary foto-foto prosesi pemakaman :

Pengusung Peti Jenazah oleh Majelis GPM Silo
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Keluarga
Ucapan Turut Berduka oleh Ketua MPH Sinode GPM
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh WASEKUM Sinode GPM
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Ketua dan Anggota MPK Klasis Kota Ambon
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Kedua Pendeta Penghentar Jemaat GPM Silo
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Wakil Ketua dan Sekretaris Jemaat Silo
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Pdt. A.J. Timisela (Mantan KMJ Silo)
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Pendeta Domisili di Jemaat Silo
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Para Pendeta GPM
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Majelis Jemaat Silo
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Majelis Jemaat GPM Pniel
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Perangkat Pelayan Jemaat GPM Silo
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Perwakilan Sektor-Sektor Jemaat Silo
Peletakan Bunga Tanda Kasih oleh Anak-Anak SM-TPI Jemaat Silo

“BERBAHAGIALAH ORANG-ORANG MATI YANG MATI DALAM TUHAN, SEJAK SEKARANG INI. SUNGGUH, KATA ROH, SUPAYA MEREKA BOLEH BERISTIRAHAT DARI JERIH LELAH MEREKA, KARENA SEGALA PERBUATAN MEREKA MENYERTAI MEREKA.” (WAHYU 14 : 13).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *