PHMJ Silo Lakukan Pembinaan Pegawai Gereja

[jemaatgpmsilo.org – Ambon]

Jemaat Silo dalam kedudukan sebagai sebuah organisasi yang terus berkarya dalam slogan utama : menanam dan menyiram di kebun anggur Tuhan, tentu saja membutuhkan support penuh dari banyak pihak, salah satunya adalah keaktifan dan kinerja pegawai gereja pada Kantor Sekretariat Jemaat GPM Silo. Oleh sebab itu, Pimpinan Harian Majelis Jemaat (PHMJ) Silo melalui Wakil Ketua Pnt. J. Th. Sipahelut – yang sementara waktu bertindak sebagai Ketua Majelis Jemaat – mengadakan pertemuan bersama dengan seluruh jajaran Pegawai Gereja di lingkup Kantor Sekretariat Jemaat GPM Silo pada Sabtu (7/4). Pertemuan melibatkan PHMJ Silo, Majelis Jemaat Seksi Pembinaan dan Pengembangan Kelembagaan, Majelis SubSeksi Pembinaan Aparatur, dan seluruh Pegawai Gereja di Jemaat Silo. Adapun maksud pertemuan tersebut adalah sebagai bentuk pembinaan terhadap pelaksanaan tugas-tugas yang diemban oleh masing-masing pegawai gereja.

Sasaran utama pembinaan dimaksud adalah membahas, berdiskusi, menyerap aspirasi, untuk kemudian menata kembali pembagian dan pelaksanaan tugas-tugas agar lebih efisien dan efektif lagi. Adapun mereka yang dikategorikan sebagai pegawai gereja yang dilibatkan dalam pembinaan tersebut, adalah : tuagama, penjaga malam, tenaga administrasi umum, tenaga administrasi keuangan, petugas sound sistem dan sopir.

Wakil Ketua Majelis Jemaat GPM Silo dalam arahannya menegaskan, “para pegawai gereja mesti melihat kembali dan memperbaharui komitmen masing-masing orang dalam mendukung kinerja Majelis Jemaat maupun Pendeta. Hal ini penting, sebab kita tidak bisa kerja sendiri-sendiri. Pendeta tidak bisa kerja sendiri. Majelis juga tidak bisa melayani sendiri. Karena itu, saling mendukung dan menopang adalah kunci keberhasilan kerja bersama.”  

Suasana Pembinaan Pegawai Gereja di Silo

Dalam percakapan pembinaan selanjutnya, dibacakan kembali uraian tugas masing-masing jabatan, dan kemudian dibahas dan didiskusi bersama dalam rangka memperbaharui uraian tugas, sehingga menjadi lebih update dan selaras dengan jabatan yang diemban. Setelah melalui percakapan pembinaan selama kurang lebih 2 jam, maka dicapai kesepakatan terhadap uraian tugas masing-masing jabatan. Sedangkan komposisi pegawai gereja pada Kantor Sekretariat Jemaat GPM Silo yang diatur kembali uraian tugasnya adalah sebanyak 3 orang Tuagama, 3 orang Penjaga Malam, 3 orang Petugas Sound Sistem, 3 orang tenaga Administrasi Umum, 1 orang Tenaga Administrasi Keuangan dan 1 orang sopir.

Pdt. Ny. Y. Rutumalessy/S

Sebagai langkah tindak lanjut proses pembinaan tersebut, maka pada Senin (9/4) dilaksanakan Ibadah Perdana Buka Usbu Pegawai Kantor Jemaat GPM Silo, yang dipimpin oleh Ibu Pdt. Y. Rutumalessy/S. Dalam renungan buka usbunya, Pendeta yang lebih akrab disapa Ibu Nona itu, menegaskan bahwa sebagai orang-orang yang bekerja bersama-sama di gereja, maka kerjasama dan kekompakan adalah sesuatu yang mutlak. “… sebagaimana syair kata-kata pada Nyanyian GPM nomor 310 : satu tangan tak kuat berjuang, dua tangan tak kuat berjuang, bila kita semua berjuang, hasil pasti besar, mari kita semua berjuang…”

Ibadah Perdana Buka Usbu Pegawai Kantor Sekretariat Jemaat Silo

Salah satu Tuagama [Bpk. N. Sahetapy] yang ditanyai terkait pelaksanaan pembinaan ini, sangat mengapresasi bentuk pembinaan ini. Ketika ditanyakan soal pelaksanaan ibadah buka usbu, dikatakan bahwa … “Sebenarnya ibadah buka usbu seperti ini telah dilaksanakan pada masa-masa lalu, namun karena terkendala berbagai hal terhenti. Syukur bahwa ibadah ini bisa dilaksanakan kembali…”.

*Foto : User

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

John Brown Womens Jersey 
Fatal error: Uncaught exception 'wfWAFStorageFileException' with message 'Unable to save temporary file for atomic writing.' in /home/k2376458/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:30 Stack trace: #0 /home/k2376458/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(650): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/k2376458/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/k2376458/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 30