[jemaatgpmsilo – Ambon ]

Dalam rangka mensukseskan Program Nasional Imunisasi Measles Rubella (MR) atau yang lebih dikenal dengan Imuniasi Rubella, maka pelayanan kesehatan di Posyandu Eunike dan Siloam bulan September ini, berhasil melakukan Imuniasasi Rubella terhadap 60 orang anak BALITA Jemaat Silo. Sebagaimana diketahui, program imunisasi rubella adalah program nasional dibawah koordinasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan wajib diikuti oleh anak-anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun.

Khusus pada pelayanan Posyandu Eunike dan Siloam Jemaat Silo yang sudah menjadi program pemberdayaan umat bersifat rutin, imunisasi rubella diperuntukkan bagi anak usia 9 bulan sampai dengan 5 tahun (baca : BALITA). Menurut Pnt. Ny. S. Samson dari Subseksi Kesehatan MJ Silo, “… untuk anak-anak usia sekolah (5 tahun keatas) mereka sudah diprogramkan untuk mendapat imuniasi di sekolah masing-masing, jadi katong pung posyandu di Silo ni hanya diuntukkan bagi anak-anak BALITA saja”.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pasien (warga jemaat) yang datang berobat ke Posyandu Eunike dan Siloam untuk bulan September 2018 dirinci : 28 orang pasien lanjut usia (LANSIA) dan anak-anak sebanyak 60 orang BALITA. Mereka yang LANSIA mendapatkan pengobatan umum yang ditangani oleh dokter Deddy Samallo, sedangkan anak BALITA mendapat layanan rutin bagi BALITA, dengan tambahan menu : Imunisasi Rubella.

*foto : VK

*Edit : BK