Silo Dikunjungi Ketua Umum FKUB se-Indonesia asal Provinsi Bali

AMBON, jemaatgpmsilo.org – Setelah pernah dikunjungi sebelumnya oleh FKUB [Forum Kerukunan Umat Beragama] Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Juli 2018 lalu, kali ini Jemaat Silo kembali disambangi oleh lembaga kemasyarakatan serupa yakni dari FKUB Provinsi Bali. Tidak tanggung-tanggung kali, Kota Ambon dikunjungi oleh Ketua FKUB se-Indonesia beserta rombongan dari Provinsi Bali.

” … sejak 2 tahun yang lalu, kita sudah rencanakan untuk berkunjung ke Maluku, ke Ambon Manise, karena banyak dari kami belum tahu Ambon, tapi sering mendengar indahnya Ambon Manise, tentang musiknya, lagu-lagunya, tentang lautnya,… kita ingin mengenal Ambon, mengenal Maluku, sehingga kita saling mengenal maka kerukunan itu lebih bisa terjamin, lebih terawat karena saling mengenal..” Demikian yang disampaikan Ketua Rombongan, Ida Panglisir Agung Putra Sukahet selaku Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama [FKUB] Provinsi Bali.

Selain untuk saling mengenal, FKUB Provinsi Bali juga ingin bersilahturahmi dengan tokoh-tokoh agama di sini, Forum Kerukunan Umat Beragama, para pemuka agama, dan juga dengan Pemerintah Daerah. Dengan Bapak Gubernur, Bapak Wakil Gubernur dan juga Kakanwil Agamanya. Dalam hal supaya saling mengenal. Silahturahmi itu adalah salah satu cara kita untuk mempererat kerukunan, memelihara kerukunan, membina kerukunan, ungkap Sukahet yang juga adalah Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia itu.

Dan hal yang ketiga, yang disampaikan Sukahet adalah tentang saling mempelajari. Saling belajar, bertukar pikiran, bertukar pandangan, baik dengan FKUB-nya, maupun dengan Pemerintah Daerahnya, Kanwil Agamanya tentang bagaimana kerukunan agama ini dipelihara, dibangun, dirawat. Juga bagaimana pandangan tentang kerukunan. Karena kita sepakati bahwa kerukunan itu sangat mahal harganya, tandas Sukahet penuh antusias.

Saling bertukar cerita antara Ketua FKUB dengan MJ Silo

Kunjungan Rombongan FKUB Provinsi Bali ini seluruh berjumlah  28 orang yang terdiri atas FKUB Provinsi Bali, dan juga Forum Perempuan Lintas [FORPELA] Provinsi Bali, dan Forum Generasi Muda Lintas Agama [FORGIMALA] Provinsi Bali.

Rombongan berkunjung ke Kantor Jemaat GPM Silo, pada Sabtu 17 November 2018 pkl. 12.00 WIT didampingi petugas dari Badan Kesbangpol Provinsi Maluku dan diterima oleh Sekretaris Jemaat Silo, Pnt. Victor W. Mailoa dan Bendahara Jemaat, Pnt. Ny. E. Ririmase. Setelah bertukar cerita sekitar 20 menit, rombongan kembali melanjutkan perjalanan silahturahmi mereka ke rumah-rumah ibadah lainnya di Kota Ambon. [BK]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *