Sosialisasi Hukum Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan

AMBON, jemaatgpmsilo.org

Menindaklanjuti penetapan program kerja Jemaat GPM Silo sebagaimana termuat dalam Keputusan Persidangan ke-37 Jemaat GPM Silo, Seksi Pemberitaan Injil dan Pelayanan Kasih [PIPK], Subseksi Hukum dan Advokasi menyelenggarakan Sosialisasi Hukum Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan pada Sabtu, 7 September 2019 bertempat di ruang serba guna yang diikuti kurang lebih 50 perutusan dari ke-12 sektor dalam Jemaat Silo, masing-masing 1 orang dari unsur : pelayanan laki-laki, pelayanan perempuan, pemuda/AMGPM dan Ketua Badan Koordinasi Pelayanan [BAKOPEL].

Hadir sebagai narasumber adalah 2 orang pejabat dari Kantor Otoritas jasa Keuangan [OJK] Provinsi Maluku, Stella M. Matitaputty/S dan Jeffry Pasaribu, dan moderator oleh Nn. Jean Nussy, SH, MH. Dalam paparannya, Matitaputty membahas peraturan dan ketentuan tentang perlindungan bagi konsumen sektor jasa keuangan. Menurut Matitaputty yang sehari-hari membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen pada Kantor OJK Provinsi Maluku itu, ” seiring dengan perkembangan masyarakat, saat ini cukup banyak kasus-kasus yang dilaporkan oleh masyarakat terkait dengan jasa keuangan yang mereka alami. Oleh sebab itu, pihak OJK, memberikan pelayanan dengan strategis kerja meliputi tahap pencegahan kerugian konsumen dan masyarakat, pelayanan pengaduan konsumen sampai dengan pembelaan hukum.

Peserta Sosialisasi yang serius mengikuti penjelasan narasumber

Kegiatan sosialisasi yang berimplikasi hukum ini berlangsung suasana antusias dari peserta, yang ditandai dengan alotnya diskusi dan percakapan dalam sesi tanya-jawab.

Pnt. E. Leasa selaku Majelis Subseksi Hukum dan Advokasi saat dihubungi terpisah menjelaskan, “kegiatan sosialisasi ini diharapkan memberikan informasi dan pengetahuan tambahan kepada jemaat kita agar mereka memahami persoalan hukum dan perlindungan konsumen jasa keuangan. Dari pengalaman yang kita jalani, ada beberapa kasus dalam jemaat terkait dengan jasa keuangan. Kami berharap kegiatan ini dapat berdampak positif untuk jemaat Silo khususnya”, ungkap Leasa optimis. [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

John Brown Womens Jersey