fbpx

Ibadah Minggu Adventus I Berlangsung Hikmat

AMBON, jemaatgpmsilo.org

Kata Adventus berasal dari Bahasa Latin yang berarti Kedatangan. Dalam tata pelayanan Gereja Protestan Maluku dimaknai sebagai saat atau masa untuk mempersiapkan umat menyambut kedatangan Yesus Kristus Sang Putra Natal. Gereja mengenal 4 Minggu Adventus, dan untuk Tahun 2019 ini, Minggu Adventus I jatuh pada Minggu 1 Desember 2019.

Di Jemaat GPM Silo, Ibadah Minggu Adventus I dilaksanakan pada 3 kali jam ibadah, yaitu 06.00; 09.00 dan 18.00 WIT. Pada Ibadah Pkl. 06.00 WIT dilayani oleh Pdt. Nn. Sally Lawalatta, pada Pkl. 09.00 WIT dilayani oleh Pdt. Jan. Z. Matatula, dan pada Ibadah Pkl. 18.00 WIT dilayani oleh Pdt. Ny. Yohrin Rutumalessy/S.

Dalam Tata Liturgis Ibadah Khusus Minggu Adventus I, telah disiapkan 4 buah lilin berwarna (3 warna biru dan 1 warna merah muda) yang diletakkan dalam lingkaran rajutan daun-daunan. Selanjutnya, mengawali pelaksanaan ibadah dilakukan penyalaan 1 (satu) buah lilin warna biru oleh pendeta yang melayani, sebagai tanda dimulainya Ibadah Minggu Adventus I.

Pdt. Sally Lawalatta dalam refleksi firman yang mengacu pada Alkitab Yeremia 33 : 14-16 menjelaskan kepada jemaat, “sama seperti nabi-nabi besar lainnya Yesaya, Yehezkiel, Amos, Obaja, Zakharia dan Maleakhi, yang memberitakan tentang janji keselatan melalui Mesias bagi Umat Israel, maka Nabi Yeremia pun menyerukan tentang janji dan rencana penyelamatan Allah bagi umat-Nya.”

Menurut Lawalatta, Nabi Yeremia menegaskan bahwa Allah akan menghadirkan Keadilan dan Kebenaran bagi umat, sehingga umat dapat menikmati hidup yang tentram. Lebih lanjut Lawalatta menyampaikan, “umat yang merayakan minggu adventus harus juga berani melakukan keadilan dan kebenaran dalam hidupnya, sebagai cara untuk menyambut kedatangan Tuhan dalam memasuki perayaan di minggu-minggu adventus ini”. [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *