Ini yang dilakukan MJ Silo saat Social Distancing

jemaatgpmsilo.org

Pemberlakukan Social Distancing atau jaga jarak antar orang/manusia di seluruh wilayah Indonesia akibat Pandemik Covid-19, telah berimplikasi luas terhadap kehidupan sosial masyarakat, termasuk warga Jemaat GPM Silo. Dampak tersebut antara lain, terbatasnya ruang gerak dan ruang usaha bagi mereka-mereka yang berstatus pekerja harian lepas, atau disebut juga pekerja serabutan, yang sudah tentu menghadapi makin beratnya pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga.

Pada kelompok masyarakat ini, kebanyakan diisi oleh mereka yang berpenghasilan rendah, sehingga digolongkan pada kelompok masyarakat miskin, yang oleh BPS ditetapkan terhadap mereka dengan penghasilan 1,9 juta per bulan ke bawah.

Persiapan Pembagian Sembako oleh MJ dan Tuagama Silo

Menghadapi pemberlakukan social distancing tersebut, Majelis Jemaat GPM Silo melakukan pelayanan diakonal, dengan menempuh kebijakan untuk meringankan beban hidup sebagai wujud persekutuan hidup yang berbagi, berupa pemberian Sembako (beras, gula dan daun teh) kepada 297 Kepala Keluarga. Penetapan ke-297 KK ini didasarkan pada status mereka dalam pemberian TAPEL (Tanggungan Pelayanan) yakni pada Kategori 2.

Penyerahan Sembako oleh MJ Sektor VI kepada warga Sektor VI yang berhak

Mereka yang termasuk dalam kategori 2 ini adalah keluarga yang tidak memiliki penghasilan tetap, dan/atau keluarga ekonomi lemah. Mereka menjadi warga masyarakat yang sangat rentan terhadap dampak pemberlakuan social distancing tersebut.

Majelis Jemaat GPM Silo menyadari bahwa pemerintah juga telah mengambil kebijakan-kebijakan dalam rangka memperkuat jaring pengaman sosial atau social safety net. Oleh sebab itu, gereja tidak bisa tinggal diam, dan kebijakan ini merupakan bagian dari tanggung jawab gereja menopang seluruh kebijakan pemerintah ditengah-tengah ancaman covid-19 yang mesti dihadapi bersama sebagai masyarakat dunia. [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

John Brown Womens Jersey