Jemaat GPM Silo Peneguhan Sidi 73 Orang Secara Bertahap Pakai Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

jemaatgpmsilo.org

Akibat masih terjadinya wabah Corona atau covid 19 yang melanda Indonesia khususnya Kota Ambon dan sekitarnya, maka Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Silo melaksanakan peneguhan Sidi Baru secara bertahap terhadap 73 orang dengan menggunakan protokol kesehatan antisipasi cofid19 yang dimulai pada minggu 7 Juni 2020.

Ketua Majelis Jemaat GPM Silo Pdt. Jan Z. Matatula STh kepada media ini Minggu sore (7/6) mengatakan ibadah peneguhan Sidi Jemaat Silo berlangsung mulai tanggal 7 juni sampai dengan 28 Juni 2020 untuk 73 calon anggota Sidi baru.

” Jadi dilakukan bertahap pada minggu tanggal 7, 14, 21 dan 28 Juni 2020 yang dilaksanakan dalam dua kali jam ibadah yaitu pada pukul 09.00 dan 17.00 WIT” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pada minggu 7 Juni saat ibadah pagi dilakukan peneguhan Sidi kepada 9 orang dan Baptis dewasa 1 orang. 9 anggota Sidi baru itu dari sektor 1 dan 1 orang dari luar Jemaat.

Peneguhan Sidi Baru di Jemaat Silo Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

” Sedangkan pada ibadah sore hingga malam dilakukan untuk 10 orang anggota Sidi baru, yaitu 5 orang dari sektor 2 dan 5 orang dari sektor 10 ujar Pdt Matatula.

Dijelaskan pelaksanaan ibadah peneguhan Sidi ini dibatasi kehadiran Jemaat dalam ruang gereja yakni peserta setiap kali ibadah adalah calon Sidi Baru hanya sebanyak 8 – 10 orang, orang tua (Papa dan Mama atau yang mewakili) Majelis Bertugas, petugas multimedia, sound system, Singers dan pemain keyboard dengan total hanya 45 orang.

Lebih lanjut Pdt. Matatula menyatakan, pihaknya melaksanakan Ibadah Peneguhan Sidi Baru dengan menerapkan protokoler kesehatan untuk antisipasi penyebaran covid-19 secara ketat.

Di antaranya di sediakan sarana cuci tangan, pengecekan suhu badan, penyemprotan disinfektan terhadap barang bawaan Jemaat, masuk bilik steril, pakai masker dan tempat duduk diberi jarak.

Ia menambahkan peneguhan Sidi ini mestinya sudah berlangsung pada bulan Maret 2020 dalam ibadah Minggu sebelum Jumat Agung tapi karena wabah covid 19 maka ditunda pelaksanaannya.

Sesuai Keputusan MPH Sinode GPM dalam petunjuk pelaksanaan Baptis Nikah dan Sidi, maka diagendakan pelaksanaan dimulai pada tanggal 7 – 28 Juni 2020 sekaligus menghadapi perjamuan kudus pada 5 Juli 2020 tambah Pdt. Matatula. [NP]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

John Brown Womens Jersey