fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK), Sabtu 19 Juni 2021

ALAM SEBAGAI BUKTI KEMAHAKUASAAN TUHAN
Bacaan : Keluaran 19 : 14-25

Kedatangan Tuhan semakin dekat dan bangsa Israel diminta untuk bersiap diri serta menjaga kekudusan hidup mereka. Guruh, kilat, awan padat dan bunyi sangkakala adalah tanda-tanda alam yang menyertai kedatangan Tuhan. Manifestasi atau wujud yang menandakan kedatangan Tuhan ini sangat mengagumkan dan memiliki beberapa tujuan, yakni:
(1). Menunjukkan kekudusan, kuasa dan kemahatinggian Allah,
(2). Membangkitkan Iman kepada Allah,
(3). Menekankan kepada umat bahwa hukuman dan kematian akan menjadi akibat dari ketidaktaatan yang disengaja kepada Allah.

Musa membawa bangsa Israel keluar untuk menjumpai Allah di Gunung Sinai, dan Allah memperingatkan agar mereka tidak melihat-Nya sebab akan binasa. Bahkan Para Imam pun haruslah hidup dalam kekudusan agar dapat melihat Allah. Mereka hanya menyaksikan kemahakuasaan Tuhan Allah lewat berbagai tanda-tanda alam. 

Mengalami kemahakuasaan Tuhan tidak hanya sebatas perjumpaan ritual saja, namun lewat berbagai peristiwa alam, kita juga mampu melihat akan kemahakuasaan Tuhan. Allah yang Maha Kuasa itu memberikan kenyamanan kepada kita lewat lingkungan tempat tinggal kita, ciptaan lain yang menjadi sahabat dan penyokong kebutuhan hidup serta iklim yang bersahaja untuk melakukan aktifitas. Tidak jarang juga, karena kelalaian dan keserakahan manusia, maka alam juga dapat membahayakan kehidupan kita lewat berbagai bencana. Semua itu adalah bukti kemahakuasaan Tuhan di Bumi ini dan karena itu tidak ada seorang pun manusia yang dapat melawan kemahakuasaan Tuhan lewat berbagai prediksi dan kecanggihan teknologi. Sebab kita tidak dapat melihat Tuhan jikalau tidak menjaga kekudusan hidup kita.

Kuduskanlah kehidupan kami Tuhan, agar layak melihat Kuasa dan Kebesaran-Mu. Amin.

Doa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *