PELATIHAN PENGELOLA MEDIA INFORMASI, DOKUMENTASI, DAN PUBLIKASI

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang dapat membantu manusia untuk dapat mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan, dan menyebarkan berita. Teknologi dalam perkembangannya sudah menjadi sebuah kebutuhan penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya masyarakat pemilik hp, tab, android, dll.

Sejalan dengan perkembangan teknologi yang kian maju, Gereja pun berusaha bisa menjadi bagian yang bisa menghadirkan kasih Allah. Melalui Media Certer Sinode GPM, yang bekerja sama dengan PHMJ Jemaat GPM SILO, dalam hal ini difasilitasi oleh Sub Seksi Pengelolaan Informasi, Sub Seksi Dokumentasi dan Informasi, serta Sub Seksi Komunikasi Pelayanan  Jemaat GPM Silo, maka diadakan Acara Pelatihan Pengelola Media Informasi, Dokumentasi dan Publikasi (Penyusunan Desain Materi Warta dan Buletin Jemaat).

Peserta Pelatihan dari Jemaat GPM Silo

Sabtu (03/6) bertempat di Kantor Sinode GPM, Jl.Piere Tandean, sebanyak 12 orang anggota Jemaat yang merupakan perwakilan dari masing – masing sektor pelayanan, mengikuti acara pelatihan tersebut. Dan yang menjadi fasilitator kegiatan adalah Pdt.M.Manjaruni, M.Cs.

Banyak hal yang perlu dipelajari dalam mengelola Media Informasi, dalam hal ini penggunaan Website Jemaat dan tata cara membuat warta dan buletin Jemaat. Dan semua informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan Website Jemaat ke depan telah di sampaikan oleh fasilitator yang ramah disapa Pa Mario.

“Informasi yang akan kita sampaikan kepada Jemaat, kiranya jangan bertele-tele dan ngelantur kemana-mana” demikian disampaikan oleh Pa Mario. Dengan berpegang pada teori teori pemberitaan yang ada, itu menjadi pedoman bagi kita untuk membuat berita. Hal ini mudah asalkan ada kemauan diri untuk berusaha. Ditambah penggunaan media Smart Phone, Tab, Laptop dan Komputer sebagai sarana dan media untuk membuat berita pada Website Jemaat.

Pentingnya lembaga Gereja menyesuaikan diri dengan Teknologi sangatlah membantu. Terutama dalam meng-update berita atau warta yang dibutuhkan Jemaat. Ada harapan untuk bisa menjadi sarana yang baik dalam membangun kualitas anggota Jemaat untuk menjadi lebih baik. Terlebih lagi menjadi sarana dalam memuliakan Nama Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *