Pelatihan penggunaan IT bagi muda mudi jemaat GPM Silo

“Gereja GPM Silo memberi kesempatan kepada muda mudi gereja untuk membekali pengetahuan IT agar dapat digunakan untuk pekerjaan ladang Tuhan dan juga bekal sesuai dengan perkembangan jaman”

 

Pada hari sabtu tanggal 3 juni 2017, bertempat di Gedung Sinode yang dihadiri oleh muda mudi jemaat GPM Silo, 4 orang majelis dan seorang pendeta Jemaat GPM Silo, diselenggarakan Pelatihan Pengelola media informasi, dokumentasi dan publikasi penyusunan materi desain warta jemaat dan website Jemaat. narasumber dari kegiatan pelatihan ini adalah Pdt. Mario. Manjaruni, yang merupakan ketua website Media Center GPM. tujuan dari kegiatan ini untuk memberi pengetahuan kepada muda mudi jemaat tentang cara menjadi editor bagi desain warta jemaat dan website jemaat.

                  peserta pelatihan

Disini, manjaruni menerangkan mengenai tingkat pengunaan internet di Indonesia serta pelaku internet sebagai materi awal, kemudian beliau memberi penjelasan singkat tentang website Sinode GPM yang diketuai oleh beliau sendiri. dimulai dari cara masuk sebagai editor, fungsi sebagai editor serta apa saja yang merupakan tugas editor, disusul dengan cara pembuatan berita. kemudian, dilakukanlah praktek sebagai bukti bahwa muda mudi Jemaat GPM Silo paham tentang apa yang telah diberikan dalam pelatihan ini. masing-masing membuat satu berita dan diberi waktu 30 menit oleh Manjaruni. Kegiatan Pelatihan ini berjalan dengan baik, walaupun terdapat masalah kecil dalam membuat akun muda mudi Jemaat GPM Silo sebagai editor.

“Menulis itu bagaikan sepeda, satu-satunya cara untuk bisa berhasil melakukannya adalah dengan mencobanya. Pada mulanya kita akan kesulitan karna belum paham. Bahkan kita akan sering jatuh. Tapi setelah beberapa lama kemudian, kita akan paham dengan sedirinya. Bisa karena biasa.” itulah sepenggal kutipan motivasi yang disampaikan Ketua website Media Center GPM di dalam slide materi.

 

 

                   praktek pembuatan berita web

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *