fbpx

Launching Website Jemaat GPM Silo

[Ambon, Senin 10 Juli 2017] Perkembangan dunia teknologi dan informasi yang semakin canggih dan mengglobal, dimana tiap orang, kapan dan dimanapun dengan mudah dapat mengakses berbagai informasi terkini lewat peralatan smartphone yang digenggamnya. Ini kemajuan teknologi informasi yang berpengaruh besar bagi perubahan sosial, budaya, ekonomi, ideologi maupun religiusitas umat manusia. Sejumlah penelitian menjelaskan bahwa mereka yang memiliki akses internet melalui smartphone dalam sehari akan berselancar ke dunia maya setidaknya 10-20 kali. Kebiasaan ini, sadar ataukah tidak sadar, mereka telah mengkonsumsi banyak sekali informasi tanpa filter.

Gereja dalam tanggung jawab pembinaan spiritualitas umatnya terpanggil untuk tidak duduk diam, tetapi melakukan tindakan guna membendung gelombang perubahan yang bisa saja merusak sendi-sendi iman dan kepercayaan umat. Fakta membuktikan bahwa anggota kelompok terorisme ISIS bukan saja berasal dari negara-negara islam, tetapi beberapa pemuda dari negara-negara eropa menjadi rekrutan ISIS. Ini sebuah fenomena sosial yang unik, dan membuktikan ternyata modernisasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan spiritualitas dan bagaimana umat berteologi, khususnya generasi muda gereja.

Mengacu pada latar pikir tersebut, maka Jemaat GPM Silo sejak 2013 yang lalu telah membangun Website Resmi Jemaat GPM Silo. Namun dalam kurun waktu kurang lebih 4 tahun terakhir, website tersebut tidak aktif karena berbagai alasan yang dihadapi. Lepas dari diskusi panjang menyangkut aktif-tidaknya website Jemaat GPM Silo tersebut, berdasarkan Hasil Persidangan Jemaat  GPM Silo ke-35 Tahun 2017, telah ditetapkan kegiatan pembuatan website resmi Jemaat GPM Silo melalui kerjasama dengan media center Sinode GPM. Setelah berproses selama kurang lebih 3 bulan, maka dalam Ibadah Minggu, 9 Juli 2017 pkl. 09.00 WIT, secara resmi dilakukan launching pengaktifan kembali Website Jemaat GPM Silo oleh Ketua Majelis Jemaat Silo.

Pdt. Maryo Manjaruni, Ketua Media Center Sinode GPM

Acara launching dimaksud diawali dengan penjelasan teknis oleh Pdt Maryo Manjaruni dari Media Center Sinode GPM. Dalam penjelasannya, Pdt Maryo menjelaskan bahwa “pembuatan website Jemaat Silo ini sebagai bentuk kesaksian gereja bagi dunia. Gereja hadir dalam dunia yang terus berkembang dan harus kuat berdiri bersaksi dan melayani”. Lebih lanjut dijelaskan oleh Koordinator Media Center Sinode GPM itu bahwa, “pembuatan web ini juga bertujuan menangkal maraknya HOAX atau berita palsu yang banyak beredar di medsos dan sangat menyesatkan”. Hal penting lain yang diperjelas kepada kurang lebih 450 warga Jemaat Silo yang hadir, bahwa isi, tampilan dan conten lainnya dari web ini akan terus diperbaiki dan diperkaya dari waktu ke waktu.

Setelah penjelasan teknis tersebut, maka oleh Pdt. A.J. Timisela secara resmi diaktakan peluncuran dan pemanfaatan website Jemaat GPM Silo agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh warga Jemaat Silo, maupun masyarakat dunia, dan ditandai dengan visualisasi layout dari website Jemaat GPM Silo  yang dapat diakses melalui www.jemaatgpmsilo.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *