WGS Jemaat Silo Belajar tentang Hidup Sehat di Usia Lanjut

[Ambon, Jemaat Silo] Diawali dengan pelaksanaan Ibadah bagi Warga Gereja Senior [WGS] Jemaat GPM Silo yang dipimpin oleh Pdt. Ny. Elfin Alfons/I [10/8/2017] yang bertempat di Gedung Serba Guna, dilaksanakanlah kegiatan Sosialisasi Hidup Sehat di Usia Lanjut. Kegiatan yang bersifat lintas Seksi/Subseksi [SubSeksi Pembinaan Kesehatan dan SubSeksi WGS] ini bertujuan untuk berbagi informasi tentang bagaimana hidup sehat bagi warga jemaat, khususnya mereka yang berusia diatas 60 tahun, dan juga bagi wadah pelayanan perempuan sektor I s/d XII.

dr. Shyntia Pentury didampingi Pnt. V. Louhenapessy

Dr. Shintya Pentury, Specialis Penyakit Dalam, yang tampil sebagai pembicara pertama mengulas secara singkat namun padat tentang hypertensi [darah tinggi] dan diabetes [sakit gula].  Diulas oleh dokter yang sehari-hari berpraktek di Apotik Valentein itu, terkait dengan gejala penyakit, bagaimana mendeteksi sendiri, pola hidup yang mencegah timbulnya penyakit, sampai dengan tindakan apa saja bila mengidap hypertensi dan diabetes. Menyimak materi yang disampaikan, para opa-opa dan oma-oma Jemaat Silo terlihat sangat serius dan mengikuti tiap materi dengan antusias.

 

Pada sesi pembicara kedua, tampil dr. Robert Chandra yang memaparkan tentang Pengaruh Gizi bagi Lansia. Materi ini menjadi sangat menarik karena mengulas banyak tentang bagaimana pola makan sehari-hari yang tepat dan sehat, baik para orang tua hingga anak-anak. Mengawali paparannya, dr. Chandra mengingatkan “opa-opa dan oma-oma, beta mau ingatkan bahwa gigi jangan sekali-kali dicabut, karena gigi sangat penting untuk mengunyah makanan. Kalau opa dan oma sakit gigi, upayakan diobati, dibersihkan, ditambal dll, tapi jangan dicabut. Tolong ingatkan ini bagi anak-cucu juga “. Lebih lanjut dijelaskan, kalau dulu dikenal pola 4 Sehat 5 Sempurna, maka dunia kedokteran saat ini menganjurkan pola makan 3B [Beragam, Bergizi dan Berimbang].

dr. Robert Chandra : Pengaruh Gizi bagi Lansia

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 3 jam itu diikuti kurang lebih 80-an orang dari unsur WGS, perwakilan wadah pelayanan perempuan dan Majelis Jemaat Silo. Mengakhiri kegiatan para peserta tampak puas, bahkan masih terlihat 2-3 orang yang mendekati para narasumber untuk konsultasi kilat. Semoga Sosialisasi ini menambah wawasan dan pengetahuan para WGS Jemaat Silo untuk terus berlakukan pola hidup sehat. Sehat terusss…. Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *