Spiritualitas WGS Silo Mengisi Kemerdekaan ke-73 Indonesia

[ jemaatgpmsilo.org – Ambon ]

Usia bukan hambatan untuk berkarya bagi bangsa dan negara“. Itulah spiritualitas yang dibangun bagi Warga Gereja Senior [WGS] Jemaat Silo dalam memaknai usia ke-73 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan mengacu pada Tema Perayaan Dirgahayu ke-73 Proklamasi Indonesia yaitu “Energi dan Kerja“, maka Seksi Pengembangan Teologi dan Pemberdayaan Umat (PTPU), melalui Sub Seksi WGS kembali menerbitkan Buku Bulanan yang diperuntukkan khusus bagi WGS Silo. Buku terbitan Bulan Agustus 2018 ini mengangkat Tema : “Warga Gereja Senior Bersinergis Terus Berkarya Mengisi Kemerdekaan ke-73”.

Pnt. Ny. Lusy Wattimury selaku Ketua SubSeksi WGS menjelaskan bahwa, “… penerbitan buku ini sudah menjadi agenda kerja kami di subseksi, dan terbitan bulan Agustus ini dengan maksud untuk memberikan inspirasi dan terus memperkuat motivasi para orang tua dalam mengisi dan memperingati kemerdekaan Indonesia tahun 2018 ini“.

Dalam buku tersebut berisikan tulisan-tulisan yang sangat inspiratif, dimana WGS perlu memaknai arti kemerdekaan, yang bukan hanya terbatas pada makna sebuah kebebasan dari penjajahan bangsa lain semata (seperti dulu-dulu), namun kemerdekaan masa kini perlu dilihat sebagai sebuah kesempatan untuk terus berkarya, berprestasi dan menentukan pilihan. Pertanyaannya : di usia lansia, apa yang bisa dilakukan ketika para lansia masih diberikan Tuhan hidup di bumi Indonesia ?

Dari aspek teologis, Buku ini juga mengungkapkan secara tegas arti Kemerdekaan di dalam Kristus. Kemerdekaan bagi orang-orang percaya sesungguhnya merupakan Anugerah Tuhan yang luar biasa, sehingga hidup kita tidak lagi berada dalam penjajahan dosa lagi. Kemerdekaan ini berarti kemerdekaan atas maut dan terbebasnya manusia dari belenggu dosa. Kemerdekaan ini merupakan karya Tuhan Yesus melalui Kematian-Nya dan Kebangkitan-Nya. Kemerdekaan ini diberikan secara cuma-cuma kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Kemerdekaan yang kita peroleh sangat mahal harganya. Ia semahal darah yang tertumpah dari Yesus Kristus.

Mengacu dari Tema untuk Bulan Agustus 2018, Buku WGS Edisi Agustus ini memuat 7 (tujuh) Tips membantu WGS bersinergis mengembangkan karyanya. Tips-tips ini diberikan dengan mempertimbangkan usaha-usaha yang masih cocok untuk dilakukan di kala telah memasuki usia senja, antara lain : Buka Warung Makan, Usaha Kue, Buka Toko Klontong, Usaha Kos-Kostan, Kerajinan Tangan, Tempat Les Anak dan Menulis.

* Sumber : Buku WGS Edisi Bulan Agustus 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *