Pemkot Ambon – Jemaat Silo Kerjasama Sosialisasi PHBS

[jemaatgpmsilo.org – Ambon] Pemda Kota Ambon melalui Dinas Kesehatan Kota Ambon membangun kerjasama dengan Jemaat GPM Silo melalui Seksi PTPU (Pemberdayaan Teologi dan Pembinaan Umat) khususnya Subseksi Kemitraan Laki-laki dan Perempuan untuk menggelar Sosialisasi Wawasan Keluarga yang Sehat dan Bersih.

Hadir sebagai pembicara dalam Sosialisasi yang digelar pada Sabtu, 10 November 2018 itu adalah Ibu Batje Ririhena Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan, pada Dinas Kesehatan Kota Ambon. Para Peserta yang terdiri atas unsur laki-laki, perempuan, angkatan muda dan anak-remaja dari Sektor I s.d XII sesuai daftar absen berjumlah 38 orang.

Pdt. Ny. Elfin Alfons/I berdoa mengawali kegiatan sosialisasi

Pnt. J. Th. M. Sipahelut, Wakil Ketua Majelis Jemaat GPM Silo dalam arahan pembukaannya sangat mengharapkan perhatian serius dari peserta untuk mengikuti kegiatan dimaksud hingga selesai, mengingat pentingnya substansi materi yang akan diterima, akan menjadi tambahan pengetahuan yang sangat berarti bagi peningkatan derajat/kualitas kesehatan keluarga masing-masing.

Sedangkan Ibu Batje Ririhena dalam sajian materinya menjelaskan “perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS dasar hukum, UU Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, pada pasal 11 mengatur bahwa setiap orang berkewajiban berperilaku hidup bersih, hidup sehat untuk mewujudkan pertahanan dan memajukan kesehatan yang setinggi-tingginya.”

Ririhena menjelaskan pengertian PHBS adalah “sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. ”

Pada sesi berikutnya, peserta diberikan kesempatan tanya-jawab untuk memperdalam materi yang dipandu oleh moderator Bpk. Jhon Tomasoa, yang juga berkedudukan sebagai Ketua Sub Komisi Laki-laki Jemaat GPM Silo. [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *