Ada Perayaan Natal Kristus di Sektor I, V dan VI

AMBON, jemaatgpmsilo.org

Pada hari ke-4 rangkaian perayaan natal di sektor-sektor pelayanan dalam Jemaat GPM Silo, digelar Perayaan Natal Kristus di Sektor I, V dan VI. Perayaan Natal berlangsung dalam suasana sukacita dan kebahagiaan bersama. Moment satu tahunan itu disambut antusiasme warga sektor masing-masing.

NATAL di SEKTOR I

Perayaan Natal di Sektor I dilaksanakan di dalam wilayah Sektor I, tepatnya di Perempatan Lorong Mayang. Ibadah dilayani oleh Pdt. Ny. Y. Rutumalessy/S dengan mengambil tema sentral : “Memuliakan Allah dengan Menghadirkan Damai Sejahteran di Bumi” [Lukas 2 : 14]

berikut adalah foto-foto moment Perayaan Natal Kristus di Sektor I Jemaat GPM Silo :

Sukacita warga Sektor I Merayakan Natal Kristus Tahun 2019
Pdt. Ny. Y. Rutumalessy dalam Khotbah Natal
Pujian Natal oleh PS Wadah Pelayanan Perempuan Sektor I

NATAL di SEKTOR V

Perayaan Natal oleh Keluarga Besar Sektor V Jemaat GPM Silo bertempat di Ruang Serbaguna Gereja Silo. Acara (Ibadah) Natal semalam berlangsung dalam suasan khidmat dan penuh sukacita. Sebelum acara ibadah natal dimulai hingga kesudahannya doa persiapan & syukur pun tetap dilakukan oleh perangkat pelayan hingga pengisi acara.

Prosesi Ibadah natal diawali oleh pukulan tifa dan tabaos (menyerukan ucapan pembukaan dalam dialek lokal) oleh seorang anak Sekolah Minggu Tunas Pekabaran Injil (SMTPI). Selanjutnya, sayup-sayup instrumentalia & lantunan lagu di malam sunyi bergema pun mengalun lembut hingga aura didalam ruangan terasa penuh khidmat. Ibadah pun mengalir sesuai liturgi (tata ibadah) perayaan natal sektor.

Tarian Lilin Natal oleh anak-anak SMTPI Sektor V

Ikonik dalam suatu ibadah perayaan natal ditandai dengan pembakaran atau penyalaan lilin natal. Setiap tahunnya pembakaran lilin natal berbeda dari tahun sebelumnya, dan pada tahun ini diputuskan oleh Panitia Hari Besar Gerejawi (PHBG) hanya terdapat satu lilin putih yang sering disebut lilin induk natal, berukuran medium & dinyalakan oleh seorang yang dituakan dalam sektor. Prosesi pembakaran lilin-lilin kecil hingga menuju ke nyala lilin besar secara bergulir diawali oleh pembacaan nats Alkitab oleh beberapa anak-anak batita (bayi dibawah tiga tahun) lantas ke tangan-tangan para penari lilin natal yang masing-masing memegang dua (2) batang lilin kecil hingga gemulainya tarian lilin mengantarkan api lilin natal ke anak-anak SMPTI berjumlah ± 10 orang yang dipandu oleh pengasuh dan pada akhirnya diteruskan kepada Diaken Bapak Polly Lewaherilla untuk menuju ke altar tempat lilin induk natal dinyalakan.

Selanjutnya, dibawah sorotan tema natal Tahun 2019 Memuliakan Allah dengan menghadirkan Damai Sejahtera di Bumi (Lukas 2:14) Pelayan Firman, yakni Pendeta Ny. E. Alfons/Ifasaksily (akrab disapa Pendeta Ibu Elvin) merefleksikan natal semalam tentang memuji dan memuliakan Allah harus menjadi kesungguhan dalam seluruh kehidupan kita (jemaat) sehari-hari atau dapat meresponsnya dalam tingkah laku, tutur kata maupun perbuatan atas hidup ini.

Berkat Natal oleh Pdt. Ny. Elfin Alfons/I

Selain itu, kita harus memiliki sikap seperti Ibu Maria yang merupakan Saudaranya Ibu Elisabeth bahwa dengan hati beriman dan kerendahan hati seorang hamba, Maria melakukan nyanyian pujian untuk memuliakan Tuhan sesuai teks bacaan alkitab di saat ini (Lukas 1:46-55 & Kolose 3:15) yang telah dibacakan oleh dua (2) orang katekisan (murid calon sidi baru).

Ungkapan pujian natal pun dipersembahkan oleh Pengasuh & anak-anak SMTPI serta Vocal Group Majelis Sektor V. Sebelum acara ibadah natal berakhir, Penatua Ny. Elsa Pieters membacakan Kesan & Pesan Natal Majelis Jemaat GPM Silo Tahun 2019.

Bingkisan Natal kepada Majelis Jemaat Sektor V yang akan mengakhiri Periodisasi MJ

Pada akhirnya, penyerahan bingkisan natal & ucapan natal serta terima kasih atas pengabdian keempat Majelis Sektor V dalam periode terakhir yang telah melayani Keluarga Besar Sektor V dalam suka maupun duka. Bingkisan natal diberikan oleh PHBG, wadah pelayanan Unit, Pengasuh & SMTPI. Tak ketinggalan pula, Perangkat Pelayan, Lansia, Disabilitas, Kolektan, Penagih Iuran Tapel, Perwakilan Pengarah Musik (sound man), Pemain Musik (Keybordist), Perwakilan Kostor pun diberikan tanda kasih dari Ketua Bakopel Sektor V atas kebersamaan dalam pelayanan.

NATAL di SEKTOR VI

Sedangkan sukacita Perayaan Natal yang sama berlangsung juga di Sektor VI Jemaat GPM Silo. Hadir sebagai Pelayan Firman adalah Pdt. Jan. Z. Matatula yang juga Ketua Majelis Jemaat GPM Silo, yang membawakan Khotbah Natal yang didasarkan pada pembacaan Alkitab pada Lukas 1 : 46-45 dan Kolose 3 : 15.

Perayaan Natal di Sektor VI ini mengambil lokasi di tengah-tengah wilayah pelayanan Sektor VI, tepatnya di halaman depan Bank Sampah. Perlu diinformasikan bahwa Bank Sampah di wilayah Sektor VI ini dibangun secara swadaya oleh warga setempat, dibawah koordinator Ketua RT Bapak Justus Pattipawae.

Di penghujung Perayaan Natal, oleh Majelis Jemaat Sektor VI dan warga jemaat memberikan Bingkisan Natal kepada warga sektor yang Para Lansia sabagi tanda kasih dan tindakan berbagi di hari bahagia.

berikut adalah foto-foto moment Perayaan Natal Kristus di Sektor VI Jemaat GPM Silo :

Sukacita Perayaan Natal Kristus di Sektor V
Pdt. Jan. Z. Matatula saat membawakan Khotbah Natal
Pembagian Bingkisan Natal kepada Para LANSIA Sektor VI

*oleh BK & Nn. Pieters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

John Brown Womens Jersey