fbpx

SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Minggu, 28 November 2021

YESAYA 7 : 10 – 17

Menaati Firman-Nya

Ketika berada dalam situasi yang mengancam kehidupan, secara tidak langsung mendorong kita untuk cepat bereaksi. Salah satu reaksi yang ditunjukan yaitu terkait dengan pengambilan keputusan. Namun karena kondisi yang mendesak membuat kita tidak memperhitungkan sabda Allah bahkan lalai melibatkan Tuhan di dalam keputusan itu. Hal itu juga yang dilakukan oleh raja Ahas. Mendengar kabar bahwa raja Aram dan raja Israel akan menyerang Yehuda, maka timbulah ketakutan yang besar dari raja Ahas dan juga seluruh rakyatnya.

Allah memberi pengharapan bagi Ahas dan rakyatnya melalui nabi Yesaya agar mereka tetap meneguhkan hati dan tetap tinggal tenang, jangan takut dan kecut hati terhadap kedua raja itu. Meski pun Tuhan sudah menyampaikan Firman-Nya melalui nabi Yesaya, namun raja Ahas tidak mengindahkannya malah justru menolak tanda yang akan diberikan Tuhan. Tanda bahwa akan lahir seorang anak laki-laki yang akan dinamai Imanuel, sesungguhnya merupakan pengharapan yang diberikan oleh Allah.

Tidak jarang kita juga seringkali mengabaikan Firman Allah dan mengikuti kehendak diri sendiri ketika menghadapi berbagai ancaman. Namun kita seharusnya menyadari bahwa apapun keputusan serta tindakan yang kita lakukan untuk melindungi diri dari ancaman, akan sia-sia ketika itu diluar Firman dan kehendak Allah.

Bacaan hari ini mengajarkan kita tentang pentingnya mengambil keputusan sesuai dengan Firman dan kehendak Allah. Sebab Firman-Nya akan selalu menuntun kehidupan kita serta memberikan pengharapan. Belajarlah untuk tetap menaruh harapan kepada-Nya sebab Allah yang kita sembah di dalam Yesus tidak pernah memberikan harapan yang palsu. Bersama-Nya kita tidak akan kecewa.

DOA : Mampuhkanlah kami memahami kehendak Tuhan sesuai Firman-Mu, Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *