SANTAPAN HARIAN KELUARGA (SHK) Sabtu, 27 November 2021

Pembacaan Alkitab : ROMA 14 : 1 – 10

Jangan Menghakimi Jika Tidak Ingin Dihakimi

Sepenggal kalimat yang ditulis oleh Evangelina Tessia Pricilla (Pengarang dan Penulis buku dari Indonesia) mengatakan kepada kita bahwa tidak ada seorang pun diperbolehkan untuk menghakimi orang lain, sebab kita sendiri bukanlah manusia sempurna yang tidak pernah melakukan kesalahan di dunia ini. Hal ini sejalan dengan pernyataan William Shakespeare (Penyair dan Dramawan dari Inggris 1564-1616) yang menyebutkan: “Bersabarlah untuk menghakimi, karena kita semua orang berdosa”. Tidak hanya itu, seorang Penulis terkenal dari Inggris, George Eliot (1819-1880), lebih tegas lagi mangatakan: “Kita semua memiliki dosa rahasia kita; dan jika kita mengenal diri kita sendiri, maka kita tidak harus menghakimi satu sama lain dengan kasar”.

Pernyataan-pernyataan di atas setidaknya merupakan refleksi iman dari ketiga penulis tersebut yang bersumber pada bacaan Roma 14:1-10. Dalam suratnya, Rasul Paulus mengungkapkan hasil pengamatan dan analisanya terhadap kehidupan jemaat di Roma yang ternyata memiliki perilaku hidup saling menghakimi. Saling menghakimi tidak hanya terjadi antara jemaat Kristen asal Yahudi, tapi juga non-Yahudi yang berdebat soal makanan. Jemaat juga menghakimi hamba orang lain (ay.4).

Semua ini menegaskan kepada kita bahwa sebelum kita menghakimi orang lain, hakimilah diri kita sendiri. Pertimbangkanlah; apakah kita adalah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan? Ingat, ketika ahli-ahli Taurat dan orang Farisi membawa perempuan yang kedapatan berzinah kepada Yesus, dengan tegas Yesus katakan: “Barang siapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu” (Yoh.8:7). Karena itu, Janganlah menjadi hakim atas orang lain supaya orang lain juga tidak menjadi hakim atas kita. Sebab ukuran yang kita pakai untuk mengukur orang lain, itu juga akan dikenakan kepada kita.

DOA : Tuhan, mampukanlah kami untuk tidak menjadi hakim atas sesama kami. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *