Pdt. Saununu Resmi menjabat Ketua Majelis Jemaat GPM Silo

[Ambon, Jemaat GPM Silo]

Berdasarkan SK Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku Nomor 143/IV/Pa tanggal 19 April 2017 dan Nomor 151/IV/Pa tanggal 19 April 2017 tentang Mutasi Pegawai Organik GPM, maka pada ibadah minggu, 29 Oktober 2017 pkl. 09.00 WIT, bertempat di gedung Gereja Silo, Klasis Kota Ambon, dilaksanakan ibadah serah terima jabatan Ketua Majelis Jemaat GPM Silo.

Hadir dari Pimpinan Majelis Pekerja Klasis Kota Ambon, Pdt. Ny. D. Parera/Lohy, Sekretaris Klasis, dalam Ibadah Ritual memimpin pelaksanaan Akta Pelepasan Tugas dan Tanggung Jawab selaku Ketua Majelis Jemaat GPM Silo dari Pdt. A. J. Timisela, dan sekaligus pula melakukan Akta Pelantikan Pdt. D. A. Saununu selaku Ketua Majelis Jemaat GPM Silo yang baru.

Akta Pelepasan Jabatan Ketua MJ Silo
Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Ketua MJ Silo

 

Setelah ibadah ritual dilanjutkan dengan acara seremonial yang diawali dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan dan penyerahan memori tugas Ketua Majelis Jemaat GPM Silo. Setelah penandatanganan, acara yang dipandu oleh master of ceremony, Pnt. Ny. R. Soselisa itu, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Kesempatan pertama diberikan kepada Pdt Jems Timisela. Dalam kata-kata perpisahannya, Pdt Jems menyampaikan ucapan terima kasih kepada pendeta, penatua, diaken, perangkat pelayan dan seluruh warga jemaat dari sektor I s.d XII yang telah sama-sama bekerja menopang dan mendukung tanggung jawab menanam dan menyiram. Diakui bahwa, beberapa hal telah dikerjakan, namun masih banyak juga “PR” yang belum sempat terselesaikan, termasuk pekerjaan pergantian tegel gereja, dan penyelesaian sertifikasi Tanah Relokasi Airlouw. Walaupun begitu, lanjut beliau, telah ada tim sarana fisik dan juga warga Jemaat Silo yang memiliki Pengetahuan Hukum akan terus berproses bersama-sama dengan Ketua Majelis Jemaat Silo yang baru untuk penyelesaiannya.

Beliau juga menyampaikan, permohonan maaf. “… kalau selama masa tugas sejak tanggal 8 Februari 2015, selama 2 tahun 8 bulan dan 21 hari, sampai dengan saat pelantikan, ditemui hal-hal yang secara personal/pribadi, yang beta lakukan tidak berkenaan, ada kata-kata yang salah, ada tindakan yang tidak berkenaan, mohon dimaafkan. Manusia¬† pasti punya kekurangan, begitu juga pendeta.” Lebih lanjut Pdt. Jems mengharapkan agar Jemaat Silo dengan sukacita menyambut Pdt. D. A. Saununu selaku Ketua Majelis Jemaat Silo yang baru. Setiap pelayan pasti ada kelebihannya, tetapi juga ada kekurangan dan kelemahannya. Hal itu hendaknya jangan dipertentangkan, tetapi menerima setiap kelebihan dan kekurangan seorang pelayanan dalam tanggung jawab bersama untuk saling melengkapi.

Pdt. D. A. Saununu dalam sambutan perdananya, memperkenalkan seluruh anggota keluarga, isteri dan anak-cucu. Beliau menegaskan bahwa sebagai pelayan tidak ada hal spesial/istimewa dan yang muluk-muluk yang dibawanya, tetapi hanya ketulusan untuk melayani kemana Tuhan berkenaan. Karena itu, beliau berharap Jemaat GPM Silo menyambutnya untuk memulai penugasan yang diterima. Satu hal penting yang diingatkan bahwa, dalam tanggung jawab pelayanan beliau selalu tepat waktu, selalu “on time“.

Pdt. D. A. Saununu

Ibu Pdt Ece Tahapary yang tampil mewakili suara jemaat, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada Pdt. A. J. Timisela yang telah melayani Jemaat Silo selama 2 tahun, 8 bulan dan 21 hari. Disaat yang sama, kalau ada hal-hal yang salah dari sikap, tindakan dan perbuatan dari warga Jemaat terhadap Pak Jems, Ibu Nona dan anak-cucu, mohon kiranya dimaafkan. Selanjutnya, Jemaat Silo juga dengan sukacita dan tangan terbuka menyambut Pak Pdt. D. A. Saununu, selamat datang dan selamat melayani di Silo.

Sekretaris Klasis Kota Ambon, dalam arahannya menegaskan bahwa “pergantian Ketua Majelis Jemaat adalah hal normal yang terjadi dalam konteks berorganisasi. Selaku pelayan maka seorang pdt. akan senantiasa taat dan menuruti setiap tanggung jawab yang dipercayakan Tuhan kepadanya, karena sesungguhnya segala sesuatu itu ada waktu. Ada waktunya untuk datang, dan waktunya untuk pergi. Ada waktunya untuk menanam, ada waktunya untuk mencabut dan menuai. Karena itu setiap pelayan mesti menjalani setiap penugasan dengan penuh ketaatan dan kesetiaan melayani“.

Penyerahan Tanda Kasih dari Jemaat GPM Silo

Akhir dari acara Serah Terima Jabatan diserahkanlah bingkisan tanda kasih dari Jemaat GPM Silo, dari Majelis Jemaat GPM Silo, dan tanda kasih dari warga Jemaat Silo dari Sektor I s.d Sektor XII.

Foto : Pnt. Hery Sahetapy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *