Sekondus : Ny. Nova Djasmita/Risakotta dan Jossi Pattikawa Ditahbiskan menjadi Diaken

[jemaatgpsmilo.org – Ambon]

Ibadah Minggu, 14 Oktober 2018 Pkl.09.00 WIT di Jemaat GPM Silo menjadi sebuah moment ibadah minggu yang istimewa, karena telah diagendakan pentahbisan 2 orang Majelis Jemaat Pengganti Antarwaktu (sekondus). Mengawali pelaksanaan ibadah, Pnt. Victor W. Mailoa selaku Sekretaris Majelis Jemaat GPM Silo membacakan Keputusan Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Nomor 474/VI/MJ tanggal 10 Oktober 2018 tentang Pemberhentian Majelis Jemaat, yang isinya menetapkan Pemberhentian terhadap 2 orang Majelis Jemaat GPM Silo atas nama :

  1. Diaken Ny. Lanny Tapilouw/Tangke;
  2. Diaken Daniel Louhenapessy.

Berikutnya dibacakan Keputusan Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Nomor 475/I/MJ tanggal 10 Oktober 2018 tentang Pengangkatan Majelis Jemaat, yang isinya menetapkan Pengangkatan 2 orang Majelis Jemaat GPM Silo dalam kedudukan Diaken atas nama :

  1. Ny. Novanda Costantina Hanna Djasmita/Risakotta;
  2. Jossi Don Marlon Pattikawa.
(kiri-kanan) Dianiel Louhenapessy; Ny. Lanny Tapilouw; Jossi Pattikawa dan Ny. Novanda Djasmita [foto HS]
Sebagaimana diketahui bersama, dalam aturan gereja seorang majelis jemaat berhenti atau diberhentikan karena sejumlah alasan, antara lain : berhalangan tetap (meninggal dunia), berpindah alamat karena alasan tertentu, atau karena melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar norma atau hukum positif maupun ajaran gereja/alkitabiah.

Adapun saudara Ny. Lanny Tapilouw/Tangke (Sektor I) dan Daniel Louhenapessy (sektor XII) adalah dua orang diaken yang mengajukan surat permohonan pengunduran diri karena akan mengikuti studi lanjut ke luar Daerah. Ny. Lanny akan mengikuti pendidikan Magister Hukum (S2) pada Fakultas Hukum UNHAS – Makassar. Sedangkan Louhenapessy akan mengikuti Pendidikan Doktoral Konservasi Perairan di University Queensland – Australia.

(kiri) Diaken Jossi Pattikawa; (kanan) Diaken Ny. Novanda Djasmita/Risakotta [foto HS]
Sebagai pengganti, terpilihlah Ny. Novanda Costantina Hanna Djasmita/Risakotta (Sektor I) dan Jossi Don Marlon Pattikawa (Sektor XII) dalam kedudukan mereka masing-masing sebagai sekondus, berdasarkan hasil Pemilihan Majelis Jemaat GPM Silo Tahun 2014.

Ibadah Pentahbisan ke-2 orang Diaken Majelis Jemaat GPM Silo itu dipimpin oleh Pdt. Ny. Y. Rutumalessy/S, dan berlangsung penuh sukacita, tapi juga keharuan. Sukacita karena menyambut 2 orang pelayan khusus yang baru, tetapi juga penuh haru-biru karena harus menutup episode tugas bersama dengan 2 orang pelayan khusus yang lama. Berdasarkan masa periodisasi Majelis Jemaat GPM Silo 2015-2020, maka sampai dengan saat pemberhentian, keduanya telah melaksanakan tugas kemajelisan selama 3 tahun 10 bulan. [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *