Pengasuh SILO Belajar Etika dan Etos Pelayanan

AMBON, jemaatgpmsilo.org

Pengasuh Sekolah Minggu yang biasa dikenal pada hampir seluruh denominasi gereja adalah sosok pelayan yang memiliki kemiripan tugas dan fungsi seorang guru pada dunia pendidikan formal. Dalam konteks Gereja Protestan Maluku (GPM), Sekolah Minggu dan Tunas Pekabaran Injil (SM-TPI) merupakan instrumen pendidikan formal gereja bagi pengembangan SDM warga gereja, baik dari aspek intelektual maupun spiritual.

Argumen itulah yang melandasi ditetapkannya program/kegiatan Sosialisasi Pengembangan Wawasan dan Pengetahuan tentang Etika dan Etos Pelayanan bagi Pengasuh SM-TPI se Jemaat GPM Silo.

Kegiatan yang dikoordinasikan pada Seksi Pengembangan dan Penataan Kelembagaan, Subseksi Pembinaan Aparatur Pelayan itu berlangsung pada Selasa, 27 Agustus 2019 Pkl. 18.00 s/d selesai. Hadir sebagai narasumber adalah mantan Sekretaris Umum GPM Pdt. S. J. Mailoa, M.Th, dan dipandu oleh Pnt. Jems Egbert sebagai moderator. Adapun pengasuh yang berasal dari sektor I s/d sektor XII yang berkesempatan hadir mengikuti sosialisasi sesuai absensi adalah sebanyak 50 orang.

Pdt. S. J. Mailoa, M.Th saat memberikan paparan materi

Pdt. Mailoa yang biasa disapa Pak Buce itu memulai materinya dengan memajukan sebuah pertanyaan sederhana kepada peserta : Siapakah Pengasuh SM-TPI GPM..? Mailoa mengemukakan 4 pendekatan untuk menjawab pertanyaan tersebut, yaitu pendekatan tradisional (evanggelistik), pendekatan sosio-budaya, pendekatan teologis kontemporer (komunitas iman) dan pendekatan ilmu pengetahuan sosial.

Pdt. S. J. Mailoa, M.Th didampingi moderator Pnt. Jems Egbert

Selanjutnya, dipaparkan tentang apa yang dimaksudkan dengan wawasan etika dan etos pelayanan..? pada sesi ini, Mailoa mengedepan norma-norma yang disepakati gereja untuk dilaksanakan oleh seorang pengasuh. Kemudian, peserta diajak untuk mendalami etos dan semangat melayani, seperti giat dan tekun mengasah keahlian, bersemangat dan berbudaya melayani, berorientasi kepada umat dan kemanusiaan, dstnya.

Para Pengasuh SM-TPI se Jemaat GPM Silo sebagai Peserta Sosialisasi

“Dengan begitu, etika dan etos pelayanan seorang Pengasuh Sekolah Minggu adalah memprakarsai agar seluruh aktivitas sekolah minggu selalu integratif dengan proses pembangunan jemaat di mana sang pengasuh itu berada.” ungkap Mailoa lebih lanjut. [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

John Brown Womens Jersey