Ibadah Pencanangan Minggu Adventus di Sektor-Sektor

AMBON, jemaatgpmsilo.org – Bulan Desember yang identik dengan minggu-minggu adventus dan perayaan Natal Kristus sudah diambang pintu. Sebagai gereja, Jemaat GPM Silo pun mempersiapkan diri menyambut moment setahun sekali itu, yang ditandai dengan Ibadah Pencanangan Minggu Adventus Tahun Pelayanan 2018 pada ke-12 Sektor Pelayanan se-Jemaat GPM Silo. Ibadah yang dipimpin masing-masing oleh Pendeta itu berlangsung dalam suasana sederhana, tetapi penuh hikmah dan berkesan. Peserta ibadah pun berdatangan dari semua unsur wadah pelayanan, baik laki-laki, perempuan, AM-GPM [pemuda], maupun SM/TPI [anak-anak].

Pembacaan Firman Tuhan yang mendasari khotbah diambil dari Kejadian 9 : 8-17 “8 Berfirmanlah Allah kepada Nuh dan kepada anak-anaknya yang bersama-sama dengan dia: 9 “Sesungguhnya Aku mengadakan perjanjian-Ku dengan kamu dan dengan keturunanmu, 10 dan dengan segala makhluk hidup yang bersama-sama dengan kamu: burung-burung, ternak dan binatang-binatang liar di bumi yang bersama-sama dengan kamu, segala yang keluar dari bahtera itu, segala binatang di bumi. 11 Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi.” 12 Dan Allah berfirman: “Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, yang bersama-sama dengan kamu, turun-temurun, untuk selama-lamanya: 13 Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi. 14 Apabila kemudian Kudatangkan awan di atas bumi dan busur itu tampak di awan, 15 maka Aku akan mengingat perjanjian-Ku yang telah ada antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, segala yang bernyawa, sehingga segenap air tidak lagi menjadi air bah untuk memusnahkan segala yang hidup. 16 Jika busur itu ada di awan, maka Aku akan melihatnya, sehingga Aku mengingat perjanjian-Ku yang kekal antara Allah dan segala makhluk yang hidup, segala makhluk yang ada di bumi.” 17 Berfirmanlah Allah kepada Nuh: “Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan segala makhluk yang ada di bumi.”

Salah satu pendeta yang melayani, Pdt. Ny. Elfin Alfons/I di Sektor VII dalam khotbahnya menyampaikan, tanda “busur” [pelangi] yang di awan sebagai pertanda perlindungan dan jaminan keamanan yang Allah janjikan kepada bumi, manusia dan mahluk lainnya. Tuhan Allah sendiri berjanji tidak akan memberikan bencana air bah lagi kepada manusia, tapi janji perlindungan-Nya. Nilai pelajaran kedua yang beriringan dengan jaminan perlindungan Allah itu bahwa, “busur” sebagai tanda bahwa Tuhan juga tidak akan segan-segan menghukum manusia apabila manusia tidak taat dan setia pada perintah dan larangan-Nya. Sesungguhnya Tuhan telah memberikan kesempatan “kedua” kepada Nuh dan keluarga [baca : manusia] untuk menjalani hidup dengan lebih taat dan belajar dari Tuhan supaya hidup diberkati. Karena itu, umat mesti menjadikan hidupnya adalah hidup yang taat dan setia kepada Tuhan, termasuk memelihara mahluk hidup dan lingkungan alam disekitar kita, agar terhindar dari bermacam bencana alam.

Adapun para pendeta yang melayani ibadah pencanangan masing-masing :

  • Sektor I : Pdt. Nick Rutumalessy
  • Sektor II : Pdt. Ny. D. Lourens
  • Sektor III : Pdt. Ny. Y. Rutumalessy/S
  • Sektor IV : Pdt. H. Pesiwarissa
  • Sektor V : Pdt. Ny. S. Pesiwarissa
  • Sektor VI : Pdt. Ny. A. Tomasoa
  • Sektor VII : Pdt. Ny. E. Alfons/I
  • Sektor VIII : Pdt. Ny. E. Tahapary/P
  • Sektor IX : Pdt. A. Lapulalan
  • Sektor X : Pdt. Ny. N. Nahusona/M
  • Sektor XI : Pdt. A. Latupeirissa
  • Sektor XII : Pdt. J.Matatula
Pemkabaran Lilin oleh Pdt. N. Rutumalessy [Sektor I]
Penyalaan Pohon Natal [Sektor II]
Pembakaran Lilin oleh Pdt. Ny. Y. Rutumalessy [Sektor III]
Pembakaran Lilin oleh Pdt. Ny. S. Pesiwarissa [Sektor V]
Pembakaran Lilin oleh Pdt. Ny. E. Alfons/I [Sektor VII]
Pembakaran Lilin [Sektor VIII]
Penyalaan Pohon Natal oleh Pdt. A. Lopulalan [Sektor IX]
Foto Bersama [Sektor X]
Pembakaran Lilin [Sektor XI]
Pembakaran Lilin oleh Pdt. J. Matatula [Sektor XII]
Pembakaran lilin induk oleh Pendeta bersama umat, dan diikuti penyalaan pohon natal adalah bentuk pencanangan yang dilakukan sebagai tanda dimulainya Perayaan Minggu-Minggu Adventus Desember 2018 di ke-12 Sektor. Ibadah Pencangan ini juga sekaligus sebagai Ibadah Kunci Bulan November, dan juga Ibadah Tutup Tahun Pelayanan 2018 di seluruh Wadah Pelayanan se-Jemaat GPM Silo. Gambar-gambar diatas memperlihatkan suasana ibadah pencanangan dimaksud. [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *