Persidangan Ke-37 Jemaat GPM Silo

AMBON, jemaatgpmsilo.org

“Tahun ini fokus kita [persidangan jemaat se-GPM] adalah, bahwa iman kita itu, menolong kita bersama dengan semua orang berjuang untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai pintuk masuk bagi peningkatan kesejahteraan dan keutuhan bangsa“. Itulah yang disampaikan oleh Pdt. Nick. J. Rutumalessy selaku Ketua Klasis Kota Ambon pada saat memberikan arahan sekaligus membuka dengan resmi Persidangan ke-37 Jemaat GPM Silo [27/1].

Pdt. Nick. J. Rutumalessy [Ketua Klasis Kota Ambon]
Persidangan ke-37 Jemaat GPM Silo, diawali dengan ibadah ritual yang dipimpin oleh Pdt. V. Untailawan yang mengangkat pembacaan firman Tuhan dari Kitab Yesaya 45 : 1-8 sebagai dasar khotbah. Persidangan dihadiri oleh 198 peserta, yang terdiri atas peserta biasa sebanyak 141 orang [Majelis Jemaat = 57 orang; dan utusan sektor-sektor sebanyak  84 orang], sedangkan peserta luar biasa sebanyak 57 orang yang berasal dari Badan-badan Pembantu : komisi, sub komisi, tim-tim serta undangan lainnya.

PHMJ Silo selaku Pimpinan Persidangan

Setelah ibadah ritual, acara seremonial pembukaan diawali dengan Laporan Ketua Panitia Penyelenggara, Bpk. R. Jozias. Dalam laporannya Jozias menyampaikan rasa terima kasih yang besar kepada semua pihak yang telah mendukung panitia dalam berbagai hal. Adapun total pembiayaan yang dipersiapkan oleh panitia penyelenggara sebanyak Rp. 120 juta untuk mendukung pelaksanaan panitia.

Laporan Ketua Panitia Penyelenggara

Dalam pidatonya selaku Ketua Majelis Jemaat, Pdt. Jan. Z. Matatula memaparkan seluruh tugas dan tanggung jawab pelayanan yang dilaksanakan oleh Majelis Jemaat bersama Badan-badan Pembantu. Matatula menegaskan bahwa, “seluruh pencapaian program dan kegiatan yang berhasil dilaksanakan sebanyak 72 kegiatan atau 78% dari 92 kegiatan yang direncanakan. Untuk implementasi seluruh program pelayanan di tahun 2018, dirancang pembiayaan APBJ sebesar Rp. 3.820.146.284,- dan sampai dengan 31 Desember 2018 mencapai realisasi sebesar Rp. 3.608.662.535.”

Pidato Ketua Majelis Jemaat Pdt. Jan. Z. Matatula

Lebih lanjut Matatula menegaskan, “bahwa disamping keberhasilan yang kita capai, tetapi juga ada ketidakberhasilan akibat dari kekurangan dan keterbatasan kita dalam mengorganisir pelayanan ini. Terutama kita mengalami masa transisi kepemimpinan ketika Pdt. D. A. Saununu, Sm.Th meninggal dunia dan kemudian diganti dengan Pnt. J. Th. M. Sipahelut sampai masuknya Ketua Majelis Jemaat yang baru pada tanggal 4 Agustus 2018, turut berdampak terhadap seluruh capaian pelayanan kita.”

Sambutan Camat Nusaniwe

Pemerintah Kota Ambon, yang dihadiri oleh Ibu Plt. Camat Nusaniwe, Ibu Nova Soumokil/E, dalam sambutannya memberikan apresiasi dan rasa terima kasih pemerintah kota terhadap dukungan dan partisipasi warga Jemaat GPM Silo yang terus mendukung program kerja Pemerintah Kota Ambon, disertai pula harapan warga Jemaat GPM Silo terus mendukung program pemerintah Kota Ambon, seperti : Ambon Seng Rokok, Persampahan, Tertib Parkir Kendaraan dan lain-lain.

Peserta Persidangan ke-37 Jemaat GPM Silo

Setelah bergumul dalam sidang-sidang komisi maupun paripurna, pada akhirnya seluruh peserta persidangan menyepakati program dan kegiatan Jemaat GPM Silo untuk Tahun 2019 dengan total pembiayaan APBJ dengan neraca seimbang pada Rp. 3.790.277.256.

Persidangan Jemaat akhirnya ditutup secara resmi oleh Ketua Klasis GPM Kota Ambon, pada Senin 28 Januari 2019 tepat pukul 16.16 WIT. Sebagai tambahan informasi bahwa, tercatat dalam sejarah perkembangan Jemaat GPM Silo, persidangan ke-37 Tahun 2019 adalah persidangan paling cepat yang pernah dilaksanakan. [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *