Kali ini, Ada Cek-Up Darah di Posyandu SILO

AMBON, jemaatgpmsilo.org

Salah satu kegiatan bersifat pemberdayaan umat yang paling “diserbu” oleh warga Jemaat GPM Silo adalah Pemeriksaan atau Cek-up Darah di Posyandu Siloam dan Eunike. Layanan kesehatan tiap 2 bulanan ini memang menjadi primadona pada Posyandu Eunike dan Siloam karena merupakan layanan Gratis.

Keterangan Gambar : (Ki) Counter Pengambilan Obat; (Ka) Pemeriksaan Pasien oleh dr. Audry Sinanu

Kegiatan yang dikoordinasikan oleh Sub Seksi Kesehatan ini, untuk layanan bulan Juni 2019, mengagendakan cek-up darah bagi pasien, khususnya bagi warga gereja senior atau LANSIA. Berdasarkan data pasien yang masuk, tercatat sebanyak 51 orang dewasa (LANSIA) dan pasien BALITA sebanyak 33 orang.

Keterangan Gambar : Pemeriksaan Berat Badan bagi BALITA

Adapun jenis pelayanan yang diberikan untuk BALITA, antara lain Imunisasi, pemeriksaan berat badan, pemberian vitamin, dll. Sedangkan bagi warga gereja senior mendapat pelayanan periksa kesehatan umum oleh dokter Audry Sinanu dan layanan cek-up darah oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Ambon. Adapun jenis layanan antara lain : tingkat gula darah, kolesterol dan asam urat.

Keterangan Gambar : Pasien LANSIA yang sementara jalani cek-up darah.

Menurut Pnt. Ny. S. Samson, mereka yang terdeteksi memiliki masalah pada saat pemeriksaan darah, yakni tingkat gula darah atau kolesterol atau asam urat ternyata tinggi atau diatas normal, maka diarahkan untuk langsung berkonsultasi dengan ibu dokter Sinanu, sehingga diharapkan mendapat advis atau tindakan medis lebih lanjut. [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

John Brown Womens Jersey