Penahbisan MJ Silo Berlangsung Hikmat

AMBON, jemaatgpmsilo.org

Prosesi Penahbisan Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2020-2025 Minggu, 12 Januari 2020 Pkl. 09.00 WIT berlangsung hikmat. Diawali dengan Bunyi Lonceng Gereja sebanyak 3 kali, yang menandakan dimulainya Ibadah, prosesi mengantar ke-56 Calon Majelis Jemaat GPM Silo dari ruang konsistori, diawali oleh Ketua Majelis Jemaat GPM Silo, Pdt. Jan. Z. Matatula dengan diiringi lagu pujian “Hendaklah Kau Iring Yesus” oleh warga jemaat. Setelah iring-iringan ke-56 Calon Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2020-2025, diikuti kedua Pendeta Jemaat, dan selanjutnya ke-32 Penatua dan Diaken yang akan melepaskan tanggung jawab sebagai Majelis Jemaat.

Akta Penahbisan Majelis Jemaat GPM Silo periode 2020-2025 diawali dengan Akta Pengakuan masing-masing pribadi atas 4 pertanyaan sebagai janji iman untuk melakukan tugas pelayanan selama kurun waktu 5 tahun ke depan.

Ketika memasuki bagian Pelepasan Stola dari Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2015-2020, mereka yang akan dilepaskan Stola-nya diminta berdiri dengan mengambil posisi mengelilingi Calon Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2020-2025. Kemudian 4 orang Majelis Jemaat yang sementara bertugas diminta maju ke depan altar dan dilepaskan Stola-nya oleh Pdt. Jan Z. Matatula yang melayani ibadah saat itu.

Selanjutnya, oleh kedua Pendeta Penghentar Jemaat, yakni Pdt. Ny. Elfin Ifasaksily dan Pdt. Ny. Nona Rutumalessy melepaskan satu per satu Stola dari ke-28 Penatua dan Diaken yang tidak lagi melanjutkan tanggung jawab pelayanan ke periode 2020-2025, sebagai tanda mereka mengakhiri seluruh penugasan sebagai Majelis Jemaat GPM Silo selama 5 tahun terakhir.

Setelah selesai prosesi pelepasan Stola, dilanjutkan dengan Pemasangan Stola kepada Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2020-2025 dengan mempersilahkan 1 orang Penatua dan 1 orang Diaken maju ke depan altar, yang diwakili oleh Penatua Melkhianus Pentury dan Diaken Ny. Novanda Risakotta/Djasmita. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan Stola masing-masing kepada ke-28 Penatua dan ke-28 Diaken sebagai tanda mereka memulai tanggung jawab sebagai Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2020-2025.

Di akhir Akta Penahbisan tersebut, mereka yang sudah dilepaskan Stola-nya kemudian diantar menuju ke kursi jemaat yang telah disiapkan, dan mereka yang baru dipasangkan Stola-nya diantar menuju kursi Majelis Jemaat.

Setelah selesai Ibadah Ritual Penahbisan Majelis Jemaat, maka dilanjutkan dengan acara seremonial, antara lain :

  • Penandatanganan Berita Acara Penyerahan Tugas dari Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2015-2020 kepada Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2020-2025;
  • Kesan dan Pesan dari Perwakilan Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2015-2020 yang diwakili oleh Pnt. Jacob Th. M. Sipahelut selaku Wakil Ketua Majelis Jemaat;
  • Kesan dan Pesan dari Ketua Majelis Jemaat GPM Silo;
  • Pemberian Piagam Penghargaan dan Tanda Kasih kepada Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2015-2020;

Diakhir seluruh rangkaian acara tersebut, dilakukan foto bersama Majelis Jemaat GPM Silo Periode 2020-2025. Selamat Menjalani Tugas yang Baru kepada ke-58 Penatua dan Diaken Jemaat GPM Silo, Selamat Melayani dalam tugas Menanam dan Menyiram di Kebun Anggur-NYA di Jemaat Silo. Ingatlah selalu Motto Gereja Protestan Maluku : “Aku Menanam, Apolos Menyiram, tetapi Allah yang Memberikan Pertumbuhan.” [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

John Brown Womens Jersey