Memahami Pentingnya Keluarga bagi Pendidikan Anak, melalui Workshop

[Ambon, Jemaat GPM Silo] Anak-anak sebagai generasi muda dan juga generasi masa depan gereja, mendapatkan prioritas dan perhatian serius di Jemaat GPM Silo. Program dan kegiatan yang dirancang dengan mengacu pada RENSTRA Jemaat memberikan porsi sangat besar. Setelah beberapa waktu lalu menggelar Sosialisasi Pentingnya Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak terhadap Dampak Siaran TV dan IT, kini Jemaat GPM Silo kembali merealisasikan salah satu program Workshop tentang Pentingnya Keluarga bagi Pendidikan Anak.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu, 16 September 2017 ini, berlangsung di Gedung Gereja Silo [Ruang Serba Guna] dengan menghadirkan narasumber Pdt. DR Etha Hendriks, dan Ibu Batje Pattiselanno. Dalam paparan materinya, Ibu Etha memberikan tinjauan teologis tentang arti penting keluarga bagi pendidikan anak. Menurut beliau, “anak-anak dalam tanggung jawab orang tua maupun orang tua saksi terikat pada janji untuk membina anak-anak untuk bertumbuh dalam iman kepada Yesus Kristus sesuai pengakuan iman yang diikrarkan. Janji tersebut menugaskan orang tua untuk menjadikan keluarganya sebagai arena dimana anak-anak belajar tentang nilai-nilai iman dan berbagai nilai etik moral Kristen. Setiap Orang Tua dalam keluarga terpanggil untuk memberi teladan nyata tentang hidup beriman untuk diikuti oleh anak-anak.

Sedangkan Ibu Batje Pattiselanno, mengupas tentang kajian pentingnya keluarga bagi pendidikan anak-anak dari aspek pendidikan. Ibu Batje sebagai seorang yang memahami dan menggeluti dunia pendidikan, termasuk pendidikan bagi anak-anak, membahas seputar bagaimana pola atau model pendidikan keluarga yang tepat dan efektif dari sisi peran seorang ayah, maupun dari seorang ibu. Pendampingan yang serius dan berkelanjutan dari orang tua, akan membangun rasa percaya seorang anak, sehingga akan terbentuk pola perilaku yang baik, sopan, penuh rasa hormat, jujur dan disiplin.

Peserta Workshop Pentingnya Keluarga dalam Pendidikan Anak [foto : R.Waas]
Peserta yang diikutsertakan dalam workshop tersebut adalah warga jemaat yang telah berkeluarga, sebanyak masing-masing 2 keluarga dari 12 sektor yang ada di Jemaat Silo. Peserta pendamping adalah Majelis Jemaat GPM Silo, yang mana sebagai pelayan-pelayan khusus dalam pengayaan pengetahuan dan pendalaman konteks medan gumul keluarga-keluarga dalam Jemaat GPM Silo.

Foto : Ibu Risa Waas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *