Lanjutan TOT Pengasuh, Belajar Metode Baru

[jemaatgpmsilo.org – Ambon]

Setelah menggelar Training of Trainers [TOT] Metode Pembelajaran yang Kreatif kepada Pengasuh Bagi Pengembangan Kreativitas Anak pada Selasa, 30 Oktober 2018, maka Majelis Subseksi Anak-Remaja dan Kateketsasi Jemaat Silo kembali menggelar lanjutan TOT [sesi ke-2] pada Selasa, 6 November 2018, dengan menghadirkan fasilitator DR. Herlin J. Lesilolo, M.Pd yang menyampaikan materi tentang metode mengajar terbaru hasil kajian ilmu-ilmu kependidikan.

TOT yang berlangsung di ruang serba guna Gereja Silo itu berbentuk sajian materi dan dilanjutkan dengan praktek/simulasi metode belajar per jenjang Sekolah Minggu Tunas Pekabaran Injil [SMTPI]. DR. Herlin dalam paparannya menjelaskan, “… metode-metode pembelajaran ini yang sudah biasa dilakukan,… mungkin teman-teman sudah biasa lakukan selama ini, mulai dari bercerita, tanya-jawab, diskusi, demonstrasi, dialog atau studi kasus.

Setidaknya dipaparkan tentang 13 metode baru yang merangsang daya kreativitas anak untuk terlibat aktif dalam proses belajar-mengajar. Lesilolo dengan sangat fasih menjelaskan satu demi satu metode mengajar terbaru, antara lain : play atributed center, picture and picture, saling tukar pengetahuan, bercerita menggunakan alat peraga, pencarian harta karun, buku cerita, reading guide, saling memberi dan saling menerima, setiap anak adalah pengasuh, dada bergambar, mitra belajar anak.

“… metode-metode ini, intinya pada ide harus selalu datang dari anak, bukan lagi dari pengasuh. Pengasuh hanya menyiapkan materi, menuangkan materi ke dalam metode. Anak belajar, dan setiap materi itu anak peroleh dengan penerapan metode. ” tegas Lesilolo lebih lanjut.

Presentase Metode Mengajar Kreatif oleh Salah Seorang Peserta TOT

Setelah memperoleh teori-teori tentang metode mengajar, maka para pengasuh Silo yang hadir kurang lebih sebanyak 47 orang itu, dibagi menurut jenjang SMTPI sesuai dengan tanggung jawab masing-masing, dan mempraktekkan metode-metode mengajar yang baru dipelajari itu. Akhir dari proses TOT, setiap perwakilan kelompok jenjang diberi kesempatan untuk mempresentasekan hasil pelatihan mereka. [BK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *